APEL PELEPASAN KONTINGEN LOMBA TINGKAT IV JAWA TIMUR TAHUN 2022 KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TULUNGAGUNG

Kamis,(13/10/2022). Bupati Tulungagung,Drs.Maryoto Birowo, memimpin Apel Pelepasan Kontingen Lomba Tingkat IV Jawa Timur Tahun 2022, bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 08.00 WIB.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tulungagung Kak Prof.Dr. H. Akhyak,M.Ag dalam laporannya yang dibacakan oleh Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Tulungagung Kak Ambyah Syahla, S.Pd melaporkan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan ini, antara lain:

  1. Dasar Pelaksanaan
    a. Keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka;
    b. UU-RI nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
    c. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
    d. Keputusan Kwarnas nomor 033/KN/78 tahun 1978 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Lomba Regu Penggalang Tingkat IV Jatim Tahun 2022;
    e. Surat Edaran Gerakan Pramuka Kwartir Daerah nomor 227/13.00 B tanggal 6 Desember 2021 tentang edaran Lomba Regu Penggalang Tingkat IV Jatim tahun 2022;
    f. Program Kerja Kwarcab Tulungagung tahun 2022.
  2. Tempat dan Waktu Kegiatan
    Penyelenggaraan Lomba Tingkat IV bertempat di Bumi Perkemahan Coban Rondo Kabupaten Malang selama 4 hari mulai tanggal 18 s/d 22 Oktober 2022.
  3. Peserta Lomba Tingkat IV Kontingen Tulungagung merupakan hasil Lomba Tingkat III yang diselenggarakan oleh Kwarcab Tulungagung pada tanggal 30 Juli – 2 Agustus 2022, dengan predikat regu berprestasi tinggi putra diraih MTs Negeri 1 Tulungagung di Boyolangu dan untuk putri dari MTs Negeri 2 Tulungagung di Kalidawir. Masing-masing regu terdiri dari 8 pramuka penggalang dan 2 orang pembina pendamping, sehingga semuanya berjumlah 18 orang.

Selanjutnya Sekretaris Kwarcab Tulungagung, Kak Ambyah Syahla,S.Pd mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tulungagung selaku Ketua Majelis Pembina Kwarcab Gerakan Pramuka Tulungagung yang telah mendukung, membantu dan memberi kesempatan kepada adik-adik pramuka penggalang ini sehingga dapat ikut serta dalam kegiatan Lomba Tingkat IV Jawa Timur. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kakak-Kakak Ketua Ranting dan Ketua Pembina Gugus dan para orang tua yang sudah bersama-sama memberikan sumbangsih, pembekalan dan mendorong semangat peserta sehingga adik-adik bisa menampilkan performa terbaiknya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Kak Maryoto Birowo yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembina Gerakan Pramuka Kwarcab Tulungagung dalam kesempatan Apel ini mengatakan bahwa Lomba Tingkat Regu Penggalang merupakan salah satu upaya peningkatan dan alat ukur kualitas pendidikan pramuka yang sifat menantang dan berkelompok sesuai dengan kepentingan serta kebutuhan pramuka penggalang yang dikemas dalam bentuk lomba. Tentunya diantara regu peserta akan berkompetisi dengan ketat dan tinggi,” lanjutnya

Lebih lanjut beliau berpesan kepada adik-adik peserta dan kakak pembina pendamping agar benar-benar menjaga kesehatan, kebersamaan, ketangguhan, keberanian dan kedisiplinan yang merupakan ciri khas sikap seorang pramuka sehingga adik-adik dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilombakan dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Di akhir sambutannya, Kak Maryoto Birowo mengajak kepada seluruh sekolah maupun madrasah bersama-sama mendukung setiap kegiatan pramuka agar mereka mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, ketrampilan yang seluas-luasnya untuk melengkapi ilmu yang diperoleh dari bangku sekolah dan keluarga sehingga mampu mempersiapkan dirinya sebagai generasi yang lebih baik.

Seusai memberikan sambutan dan pengarahan, Bupati Tulungagung beserta seluruh peserta Apel berdo’a bersama. Selanjutnya Kak Maryoto Birowo berkenan memberangkatkan Kontingen Kwartir Cabang Pramuka Tulungagung ke Lomba Tingkat IV Regu Penggalang Tingkat Jawa Timur Tahun 2022.

Hadir dalam mengikuti kegiatan Apel Pelepasan Kontingen Lomba Tingkat IV Jawa Timur Tahun 2022 pagi hari ini, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Tulungagung Kak Ambyah Syahla, S.Pd, Ketua Kwartir Ranting Boyolangu dan Kalidawir, Kakak-Kakak Pelatih dan Andalan Cabang, Ketua Pembina Gugus Madrasah Tsanawiyah Negeri I dan II Tulungagung, Adik-Adik Penggalang peserta Lomba Tingkat IV Jatim Tahun 2022 serta Orangtua peserta Lomba Tingkat IV.

error: Content is protected !!