AUDIENSI TERKAIT PEMBANGUNAN TOL KEDIRI-TULUNGAGUNG

Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan Audiensi mengenai pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung bersama dengan sejumlah perwakilan dari PT. Gudang Garam Kediri, Senin (11/04/2022), di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa mulai pukul 09.00 WIB.

Audiensi yang dipimpin oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang didampingi oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE ini membahas tentang perkembangan pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung, penetapan lokasi, kegiatan pemanfaatan lahan dan lokasi exit jalan tol.

Turut hadir dalam audiensi Jajaran Direksi PT. Gudang Garam Kediri, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung Robinson P. Nadeak, SH, MH, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro, S.STP, M.Si, serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam penjelasannya menyampaikan, bahwa nantinya jalan tol yang di Kabupaten Tulungagung sepanjang 5,2 kilometer (km). Dan untuk Kediri yakni, 5 km di kota Kediri serta 17 km di kabupaten Kediri.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung juga menjelaskan untuk penetapan desa-desa yang akan dilewati proyek tol Kediri-Tulungagung ini beberapa sudah terdata. Dari Kecamatan Karangrejo yakni Desa Jeli, Desa Sukowidodo, Desa Karangrejo, Desa Sembon dan Desa Bungur. Kemudian di Kecamatan Kedungwaru yakni Desa Simo dan di Kecamatan Kauman yakni Desa Batangsaren.

Menurut Bupati Tulungagung, meskipun pembahasan terkait penetapan lokasi jalan tol yang akan dilewati sudah dibahas, Pemerintah Kabupaten Tulungagung belum mengetahui titik-titik lahan tiap desa yang nantinya digunakan untuk pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung.

Untuk exit berakhirnya jalan tol, penetapan sebelumnya berada di sekitaran GOR Lembupeteng, Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung. Namun, karena lokasi exit jalan tol berada di sekitaran pemukiman warga, maka akan dipindah.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM berharap, dengan adanya jalan tol ini dapat mempermudah masyarakat, maka dari itu exit yang sebelumnya berada di sekitaran pemukiman warga akan digeser 100 meter ke Utara, dicarikan lahan yang kosong agar dapat meminimalkan resiko, semisal rawan terjadinya kemacetan.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan lapangan lokasi exit tol Kediri-Tulungagung yang terletak di Desa Sembon Kecamatan Karangrejo oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, serta Kepala Perangkat Daerah terkait.