PELAKSANAAN SHOLAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1443 H / 2022 M DI HALAMAN PEMKAB TULUNGAGUNG

Senin, (02/05/2022) Pemerintah Kabupaten Tulungagung kembali menggelar Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H / 2022 Masehi di halaman Kantor Pemkab Tulungagung mulai pukul 06.00 WIB, setelah 2 (dua) tahun belum bisa melaksanakan karena pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Tulungagung, serta ribuan kaum muslimin yang mengikuti Sholat Idul Fitri.

Adapun sebagai Imam dalam Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H / 2022, adalah Ustadz Misbahul Anam S.P.di, dan Khatib Dr. H. Anang Imam Massa Arif, M.Kes.

Selain di halaman Kantor Pemkab Tulungagung, sholat Idul Fitri juga dilaksanakan di Masjid Agung Al Munawar, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE.

Sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri, dilaksanakan sambutan Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, yang menyampaikan, bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung beserta seluruh jajaran mengucapkan : “SELAMAT MERAYAKAN IDUL FITRI 1443 HIJRIAH, TAQOBBALALLOHU MINNA WA MINKUM WA TAQOBAL YAA KARIIM, MINAL ‘AIDIN WAL FAIDZIN”. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima oleh Alloh SWT, aamiin Ya Robbal ‘alamin.

Bupati Tulungagung juga menambahkan, bahwa hari raya Idul Fitri tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, meski demikian, bersilaturahmi masih bisa kita lakukan walaupun dengan penuh keterbatasan, orang saling berkunjung, baik secara langsung maupun virtual untuk saling memaafkan. Kefitrian ini harus dijadikan momentum berharga dalam mempererat persaudaraan guna mewujudkan pondasi kesatuan dan persatuan yang dilandasi oleh nilai kebangsaan dan keimanan.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM mengaku sudah berkoordinasi dengan para pihak, terkait keamanan pelaksanaan salat Idul Fitri ini, mulai dari Kepolisian, Satpol dan Dinas Perhubungan, serta Stakeholder terkait. Pelaksanaan salat Idul Fitri ini tidak ada pembatasan, namun Bupati Tulungagung meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, Bupati Tulungagung menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung meniadakan open house bagi para pejabat. Karena menurut Bupati Tulungagung, biasanya seluruh pejabat akan bertemu saat sholat Idul Fitri bersama di depan Kantor Pemkab. Tulungagung. Semua sudah saling bersilaturahmi, karena itu sebagai Bupati Tulungagung menghimbau merasa tidak perlu lagi ada open house.