PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH

Jum’at (22/7/2022) telah diselenggarakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si., bertempat di ruang Prajamukti Kantor Bupati Tulungagung, JL. A. Yani Timur 37, mulai pukul 14.00 WIB.

Acara yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual ini dimulai dengan pembacaan Keputusan Bupati Tulungagung terkait penetapan mutasi Kepala Sekolah SD, Pengangkatan Kepala Sekolah SD, Mutasi Kepala Sekolah SMP dan Pengangkatan Kepala Sekolah SMP.

Adapun Keputusan Bupati Tulungagung dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Keputusan Bupati Tulungagung Nomor : 824/130/203/2022 tanggal 22 Juni 2022 terkait penetapan mutasi Kepala Sekolah SD sejumlah 129 orang;
  2. Keputusan Bupati Tulungagung Nomor : 821.2/131/203/2022 tanggal 22 Juni 2022 terkait penetapan pengangkatan guru yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SD sejumlah 129 orang;
  3. Keputusan Bupati Tulungagung Nomor : 824/132/203/2022 tanggal 22 Juni 2022 terkait penetapan mutasi Kepala Sekolah SMP sejumlah 20 orang; dan
  4. Keputusan Bupati Tulungagung Nomor : 821.2/133/203/2022 tanggal 22 Juni 2022 terkait penetapan pengangkatan guru yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMP sejumlah 15 orang;

Usai pembacaan Keputusan Bupati, acara diteruskan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Sekretaris Daerah, Drs. Sukaji, M.Si, Perwakilan Terlantik Drs. Sistowo, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Rahadi P Bintara, SE., MM. selaku Saksi I dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Soeroto, S.Sos., MM. selaku Saksi II.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat yang dilantik pada hari ini. Momentum ini menandai meningkatnya tanggung jawab Kepala Sekolah terlantik dalam melaksanakan tugas, sebagai pegawai pemerintah dan pemimpin yang amanah.

Sekretaris Daerah berharap kepada Kepala Sekolah yang baru saja dilantik dapat menjalankan perannya masing-masing secara proporsional, sehingga tugas dan fungsi yang telah ditentukan dapat terlaksana secara optimal.

Selanjutnya disampaikan bahwa dengan terisinya jabatan Kepala Sekolah ini, Sekretaris Daerah berharap akan ada peningkatan mutu pendidikan, kuantitas anak usia sekolah yang mengikuti pendidikan, serta percepatan kinerja capaian pendidikan dan segera lakukan konsolidasi di lingkup satuan pendidikan masing-masing. Hal ini disebabkan di masa yang akan datang, tantangan yang dihadapi akan berkorelasi dengan sumber daya manusia yang dimiliki, yang berhubungan erat dengan mutu dan kinerja pendidikan yang telah terlaksana, oleh karena itu, guru yang diberikan tugas sebagai kepala sekolah diharapkan mampu memimpin dan mengelola sekolah, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Kesadaran atas diberikannya pendidikan yang berkeadilan, tentu menjadi hal yang wajib dimiliki oleh kepala sekolah, yang akan menahkodai jalannya lembaga pendidikan yang dipimpinnya, sehingga hendaknya peningkatan mutu pendidikan, dapat diikuti pula dengan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu tersebut.

Disampaikan pula bahwa, masa jabatan kepala sekolah adalah empat periode, dimana masing-masing periode diemban selama 4 tahun, bagi yang telah memiliki sertifikat guru penggerak, dan satu periode bagi yang belum memiliki sertifikat tersebut, terkhusus bagi kepala sekolah yang baru dilantik hari ini, sehubungan dengan itu, kinerja kepala sekolah selama menjabat juga harus menjadi perhatian utama.

Kepala sekolah sebagai manager dalam pelayanannya harus cermat, memahami regulasi, tegas, disiplin, namun harus tetap humanis kepada seluruh keluarga besar masyarakat sekolah, baik guru, peserta didik, komite dan masyarakat, dalam bekerja, para kepala sekolah harus menjaga diri untuk melaksanakan peraturan yang berlaku, namun dalam penerapannya fleksibel, tetapi selalu berjalan dalam koridor yang baku, namun demikian, apabila berhubungan dengan kepatuhan terhadap disiplin PNS, terutama dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, maka wajib diterapkan secara tegas sesuai dengan peraturan tersebut.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah berpesan untuk dapat menjalin koordinasi dan kolaborasi antar stake holder pendidikan dengan baik, sehingga pelaksanaan dan penyelesaian pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dalam rangka menyongsong tantangan pembangunan akan semakin berat, sehingga diperlukan kerjasama yang dinamis untuk mengakomodir dinamika pembangunan dimasa depan.

Kepada seluruh ASN, termasuk khususnya kepala sekolah yang terlantik hari ini, dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri, agar dapat mewujudkan core values ASN BerAKHLAK, yaitu : Berorientasi pada pelayanan; Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yang siap membangun Tulungagung dalam rangka mewujudkan Tulungagung yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Diakhir sambutan, Sekretaris Daerah mengingatkan untuk tetap patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan (5M) serta selalu waspada terhadap varian-varian baru Covid-19.

Sebelum acara ditutup, Sekretaris Daerah bersama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan selamat kepada seluruh Kepala Sekolah terlantik yang hadir secara tatap muka di tempat acara.

error: Content is protected !!