PELATIHAN PEMBENTUKAN DESA/KELURAHAN TANGGUH BENCANA (DESTANA)

Selasa (22/03/2022) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Gedangan Kecamatan Campurdarat yang di gelar di Balai Desa Gedangan sekitar pukul 09.00 WIB.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Soeroto, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa bentang alam Kabupaten Tulungagung sangat beragam, mulai dari area pegunungan hingga kawasan pantai. Keragaman tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa indah, namun di sisi lain juga terdapat potensi ancaman bencana yang menyertainya, diantaranya ancaman bencana gempa bumi, tanah longsor, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, cuaca ekstrim, gelombang abrasi, kekeringan dan kebakaran lahan.

Menurut data BPBD Kabupaten Tulungagung, sepanjang tahun 2021 telah terjadi 5 kali kejadian banjir ancar di wilayah Kecamatan Campurdarat sehingga dengan pengalaman tersebut perlu dilakukan upaya untuk mengurangi resiko bencana dan penanggulangan bencana, salah satunya dengan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Gedangan Kecamatan Campurdarat.

Adapun tujuan pembentukan Destana adalah untuk membentuk masyarakat tangguh bencana yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana, menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan. Hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan visi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yaitu “Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana” yang selaras dengan Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 bahwa masyarakat harus turut berperan aktif dalam proses pengurangan resiko bencana.

Usai menyampaikan sambutannya, Plt. Kepala Pelaksana BPBD bersama Camat Campurdarat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Campurdarat serta Kepala Desa Gedangan menandatangani komitmen pembentukan Destana di Desa Gedangan dilanjutkan dengan serah terima secara simbolis pemberian bantuan peralatan untuk penanggulangan bencana.

Setelah acara seremonial, dilanjutkan dengan paparan materi narasumber dari FPRB Kabupaten Tulungagung kepada peserta pelatihan Destana yang terdiri dari tokoh masyarakat maupun lembaga pemberdayaan masyarakat, termasuk pengurus TP-PKK Desa Gedangan.

Hadir dalam acara ini, Plt. Kepala Pelaksana BPBD, Soeroto, S.Sos, M.Si, Camat Campurdarat, Arif Efendi, SIP. beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Campurdarat, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Deddy Eka Purnama, S.STP, MM. Perwakilan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Tulungagung, Susanto dan Kepala Desa Gedangan, Sugeng.