PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN ANTARA DITJEN PERBENDAHARAAN KANWIL JATIM DENGAN PEMKAB TULUNGAGUNG

Selasa (21/6/2022) mulai pukul 09.00 WIB dilaksanakan Penandatanganan antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kantor Wilayah Jawa Timur (Kanwil Jatim) dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung terkait pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan oengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jatim, Taukhid, SE., M.Sc.I.B., M.B.A yang menyampaikan bahwa Nota Kesepakatan ini mempunyai maksud untuk menguatkan koordinasi agar keseluruhan implementasi kebijakan fiskal Pemerintah Pusat dapat berjalan dengan baik demi meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan Konsitusi. Undang-Undang Dasar Tahun 1945 mengamanatkan bahwa APBN harus dikelola untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat yang dilaksanakan bersama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Penandatanganan Nota Kesepakatan ini dilakukan oleh Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jatim, Taukhid selaku Pihak I dan Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo, MM, selaku Pihak II yang dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Desa Prespektif Good Governance Pengelola Keuangan Desa Tahun 2021 di Kabupaten Tulungagung yang diraih oleh Desa Gempolan Kecamatan Pakel sebagai Peringkat I, Desa Jatidowo Kecamatan Rejotangan Peringkat II dan Desa Nglutung Kecamatan Sendang Peringkat III, diteruskan dengan penyerahan cinderamata.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jatim beserta jajaran, yang telah memberikan dukungan, bimbingan, koordinasi dan kerja sama yang terjalin baik selama ini.

Adapun tujuan dari penandatanganan Nota Kesepakatan ini adalah untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas antara Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jatim dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, khususnya dalam pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan serta penguatan koordinasi implementasi kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam konteks pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Nota Kesepakatan ini sebagai kerangka dasar yang menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang selanjutnya akan dituangkan ke dalam Rencana Kerja pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan publik di Kabupaten Tulungagung yang meliputi potensi penerimaan asli daerah, indikator perkembangan ekonomi daerah, perkembangan jumlah dan jenis investasi daerah, data dan informasi calon debitur potensial atau debitur Kredit Usaha Rakyat, Kredit Usaha Mikro dan Kecil, realisasi triwulan pendapatan dan belanja Badan Layanan Umum Daerah, serta laporan berkala realisasi APBN dan APBD.

Selanjutnya penandatanganan Nota Kesepakatan ini merupakan langkah maju untuk semakin mendukung sinergitas dan koordinasi yang sudah terjalin baik selama ini antara Pemerintah Kabupaten Tulungagung dengan Kantor Ditjen Perbendaharaan Kanwil Jatim.

Lebih lanjut Bupati berharap bahwa Nota Kesepakatan ini akan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan pembangunan daerah, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE.; Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si; Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sugiyanto, M.Si.; Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. J. Bagus Kuncoro, M.Si.; Kepala Kantor Bea Cukai Blitar, Akhiyat Mujayin; Perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar, serta Kepala Perangkat Daerah terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

error: Content is protected !!