PERESMIAN HIBAH INSTALASI RUMAH SAMBUNGAN RUMAH DAN TOKEN LISTRIK GRATIS TAHUN 2022
DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Kamis (29/12/2022) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Hibah Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IRSR) dan Token Listrik Gratis Tahun 2022 di Kabupaten Tulungagung. Acara ini dilaksanakan di Tempat Wisata Tugu Park Desa Tugu Kecamatan Sendang mulai pukul 15.00 WIB.

Acara ini dihadiri juga oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Kapolres Tulungagung AKBP. Eko Hartanto, SIK, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung Achmad Muchlis SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Cyrilla Nur Endah S.H.M.Hum, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S. Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Camat Sendang dan Camat Kauman, dan Kepala Desa Se-Kecamatan Sendang.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa energi listrik merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dimana semua aktifitas manusia berhubungan dengan energi listrik.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan tingkat populasi penduduk indonesia yang meningkat, maka permintaan akan tenaga listrik semakin meningkat.

Listrik sebagai sumber kehidupan masyarakat selain berfungsi sebagai penerangan, juga berfungsi sebagai energi dalam mengembangkan segala usaha dan aktifitas sehari-hari.

Namun disisi lain pemenuhan kebutuhan listrik belum bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat kurang mampu sehingga dibutuhkan peran pemerintah dan stakeholders lainnya untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Pada tahun 2022 Kabupaten Tulungagung mendapatkan alokasi Program Instalansi Rumah/Sambungan Rumah (IR/SR) dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 249 Kepala Keluarga penerima manfaat yang terletak di 10 Desa di wilayah Kecamatan Sendang.

Selain itu di kabupaten tulungagung pada tahun 2022 ini juga mendapatkan bantuan token listrik prabayar gratis kepada masyarakat penerima manfaat di 13 desa di wilayah kecamatan kauman kabupaten tulungagung sebanyak 305 penerima manfaat, selama 2 bulan yaitu bulan nopember dan bulan desember 2022 sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk setiap penerima bantuan.

Tujuan utama dari pelaksanaan hibah ini adalah untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari khususnya kebutuhan energi listrik.

Atas nama pemerintah Kabupaten Tulungagung, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada provinsi jawa timur yang telah memberikan program hibah instalasi rumah sambungan rumah (IR/SR) di kabupaten tulungagung tahun 2022.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas sosial dan perekonomian di masyarakat khususnya di kecamatan sendang dan umumnya di kabupaten tulungagung. Selain itu itu juga diharapkan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di kabupaten tulungagung.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa elektrifikasi akan bisa meningkatkan kualitas hidup, baik dari sisi ekonomi, pendidikan, serta sosial budaya. Diharapkan anak-anak yang sekolah bisa belajar dengan lebih tenang, yang merintis UMKM mereka bisa mendapatkan akses listrik. Selain itu elektrifikasi di Jawa Timur mencapai 99,39 persen, akan tetapi secara agregat sudah lebih dari 100 persen.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk mewujudkan light for all di tahun 2024, terutama di pegunungan dan di pinggir pantai. Dan juga menyisir kepulauan-kepulauan di Propinsi Jawa Timur.

error: Content is protected !!