PURNA WIYATA SMK NEGERI 3 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sabtu,(4/06/2022), Bertempat di halaman belakang sekolah, SMK Negeri 3 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung melaksanakan acara Purna Wiyata atau Wisuda Kelulusan peserta didik tahun ajaran 2021/2022 yang dimulai tepat pada pukul 09.05 WIB.

Acara Purnawiyata ini dihadiri oleh Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo, SE yang didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Tulungagung, Dr. Drs. Sukarji, M.Pd.I. Turut hadir dalam acara ini Kepala UPT Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung dan Trenggalek Sindu Widyabadra,S.E,MA, Kepala SMK Negei 3 Boyolangu, Drs.Rofiq Suyudi,M.Pd , Ketua Komite SMK Negeri 3 Boyolangu H. Hery Widodo, SH,MH,CLA, Forkopimca Kecamatan Boyolangu, orang tua/wali murid serta tamu undangan lainnya.

Mengawali acara, penampilan Reog Kendang Tulungagung oleh siswa/siswi SMKN 3 Boyolangu sebagai ungkapan ucapan selamat datang kepada para tamu undangan yang hadir menambah semarak dan kemeriahan acara Purna Wiyata kali ini.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung Drs. Rofiq Suyudi, M.Pd yang sekaligus melaporkan pelaksanaan kegiatan acara Purna Wiyata pada pagi hari ini. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan rasa syukur dan dengan perasaan bangga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati lulusan SMK Negeri 3 Boyolangu tahun pelajaran 2021/2022 yang dengan segenap jerih payah, ketekunan, keuletan serta dukungan dan doa dari keluarga Ananda kini telah berhasil lulus dari SMK Negeri 3 Boyolangu. Kelulusan ini merupakan bentuk pengakuan dari kompetensi Ananda. Beliau juga berpesan ada tanggung jawab baru yang Ananda emban yaitu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bekal untuk melanjutkan studi.
Lebih jauh Kepala SMKN 3 Boyolangu melaporkan bahwa siswa kelas XII dan XIII tahun pelajaran 2021/2022 yang telah lulus adalah sebanyak 711 orang terdiri dari kompetensi keahlian DPIB berjumlah 109 orang, TIT berjumlah 108 orang, TPM berjumlah 102 orang, TKRO berjumlah 141 orang, TBO berjumlah 38 orang, TEI berjumlah 111 orang, KGSP berjumlah 66 orang dan TOI berjumlah 36 orang.

Dilaporkan pula di tengah pandemi Covid-19, SMK Negeri 3 Boyolangu telah membuktikan kapasitas yang dimiliki peserta didik dengan pencapaian prestasi menjuari berbagai Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang akademik dan non akademik baik di tingkat Provinsi Jawa Timur maupun tingkat Nasional. Sementara itu peserta didik yang diterima bekerja di beberapa perusahaan juga cukup banyak yaitu sebanyak 51 orang diantaranya diterima di PT. Medion 3 orang, PT. Astra Daihatsu Manufacturing 4 orang, PT. Denso Manufacturing Indonesia 31 orang, PT. Putra Perkasa Abadi 5 orang dan PT. Denso Indonesia 6 orang. Selain itu peserta didik yang diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berjumlah 25 orang, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) berjumlah 8 orang, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di UIN Tulungagung berjumlah 7 orang dan Vokasi ITS berjumlah 12 orang.
Beliau berharap kepada wisudawan/wisudawati untuk terus berkarya dan berpikiran inovatif serta senantiasa memiliki semangat dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Seanjutnya, Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo, SE dalam sambutannya juga memberikan ucapan selamat kepada Ananda wisudawan/wisudawati SMK Negeri 3 Boyolangu beserta orang tua/wali murid atas kelulusanya dalam mengikuti semua proses pendidikan di SMK Negeri 3 Boyolangu secara paripurna. Beliau berharap kepada wisudawan/wisudawati untuk terus mencari ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk mewujudkan cita-cita serta memberikan manfaat bagi pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.
Lebih lanjut Wakil Bupati Tulungagung menyatakan bahwa pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik akan melahirkan sumberdaya manusia yang handal bagi pembangunan bangsa tersebut. Dengan mutu pendidikan yang baik kita dapat mewujudkan masyarakat madani yang berkarakter kearifan lokal sesuai profil pelajar Pancasila. Beliau juga berpesan kepada wisudawan bahwa mereka adalah lulusan yang akan hidup di zaman baru yang dituntut untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Zaman baru itu kita kenal sebagai industri 4.0 yang dicirikan dengan terintegrasinya perangkat otomatisasi dengan internet diantara semua aktivitas manusia. Untuk itu diperlukan kompetensi abad 21 diantaranya adalah kemampuan komunikasi yang baik dengan warga dunia, berfikir kritis, kreatif dan mampu membangun kolaborasi.
Di akhir sambutan Wakil Bupati Tulungagung menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk terus melakukan pembangunan dan perbaikan di bidang pendidikan yang terjangkau dan berkualitas, meskipun mungkin masih ada hal-hal yang belum sempurna. Untuk itulah diperlukan niat baik, dukungan dan kerjasama semua pemangku pendidikan untuk ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Tulungagung.

Acara Purnawiyata dilanjutkan dengan pengalungan secara simbolis tanda kelulusan kepada wisudawan/wisudawati oleh Kepala SMK Negeri 3 Boyolangu. Kemudian rangkaian acara kegiatan Purna Wiyata ditandai pemberian piala dan piagam penghargaan serta ucapan selamat oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Boyolangu,Drs. Rofiq Sujudi, MPd kepada siswa/siswi SMK Negeri 3 yang telah menorehkan prestasi dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.
Adapun peserta didik/ siswa SMKN 3 Boyolangu, Kabupaten yang menjuarai Lomba Kompettensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur adalah;

  1. Alung Herdiansyah pada bidang CNC Turning;
  2. Raihan Fadhlurrahhman pada bidang Bricklaying;
  3. Akhwan Diyarruddin pada Industrial Control;
  4. Roland Khusnu Winada pada Bidang Automobile Technology; dan
  5. Nanda Fahza Tolab Alim Eka pada bidang Cabinet Making.
error: Content is protected !!