APEL TIGA PILAR BERSAMA TOGA DAN TOMAS DALAM RANGKA PENGAMANAN MALAM TAHUN BARU 2023

Sabtu (31/12/2022) Dalam rangka Pengamanan Malam Tahun Baru 2023, Polres Tulungagung bersama Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Kodim 0807 Tulungagung melaksanakan Apel Tiga Pilar bersama Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) untuk mengantisipasi perkembangan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (sitkamtibmas) di wilayah hukum polres Tulungagung. Apel dilaksanakan di Halaman Mapolres Tulungagung jl. A. Yani Timur Tulungagung mulai pukul 16.00 WIB.

Peserta Apel dari Kodim 0807 Tulungagung, Polres Tulungagung, Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Dishub Kabupaten Tulungagung, dan Paguyuban Pencak Silat Tulungagung.

Apel dipimpin oleh Kapolres Tulungagung AKBP. Eko Hartanto, SIK, MH dan didampingi oleh Anggota DPR RI Komisi 3 Artheria Dahlan, S.T., S.H., M.H, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Dandim 0807 Tulungagung Letkol. Czi. Nooris Agus Rinanto S.I.P, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE.

Dalam amanatnya Kapolres Tulungagung AKBP. Eko Hartanto, SIK, MH menyampaikan bahwa apel pengamanan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengecek sarana prasarana, kekuatan personil dan kesiapan polres tulungagung bersama tiga pilar, instansi terkait dan elemen masyarakat dalam mengantisipasi segala bentuk kerawanan kamtibmas dan menjaga stabilitas serta kondusifitas masyarakat tulungagung sehingga pelaksanaan pengamanan malam tahun baru 2023 berjalan secara aman, tertib dan lancar.

Sebagai upaya dalam menjaga keamanan dan kondusifitas pada pengamanan malam tahun baru 2023 tersebut, polres tulungagung telah mempersiapkan petugas keamanan sebanyak 530 personil gabungan yang terdiri dari 430 personil polri, 30 personil TNI, 20 personil satpol pp dan 20 personil dishub serta 30 paguyuban pencak silat  tulungagung yang mana nanti akan melaksanakan pengamanan di simpul-simpul jalan, pusat keramaian masyarakat serta melaksanakan patroli gabungan.

Selain itu Kapolres Tulungagung AKBP. Eko Hartanto, SIK, MH juga menyampaikan bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran covid-19.

Berdasarkan maping kerawanan yang telah dilakukan bahwa pada malam tahun baru, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus di waspadai yaitu potensi kerawanan kerumunan dan kemacetan di jalan raya atau di lokasi-lokasi perayaan tahun baru, kerawanan konflik antar kelompok yang bisa terjadi berawal dari kegiatan kumpul dengan minum-minuman keras sehingga mengarah terjadinya aksi tawuran, lonjakan kasus covid-19 yang di picu oleh kerumunan masyarakat saat merayakan tahun baru yang tidak mematuhi protokol kesehatan, kerawanan kriminalitas curat, curas dan curanmor, aksi teror yang bisa terjadi di tempat keramaian masyarakat seperti tempat wisata atau tempat hiburan, konvoi dan balap liar serta potensi kerawanan bencana alam.

Momentum malam pergantian tahun baru memang selalu di tunggu-tunggu oleh masyarakat di indonesia maupun dunia untuk merayakannya dengan meriah yang identik dengan pesta kembang api dan aktifitas berkerumun lainya. sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. namun alangkah baiknya malam tahun baru sebaiknya di isi dengan renungan, doa bersama ataupun dzikir dan juga berkumpul bersama keluarga di rumah.

Perlu di ketahui bahwa pada tanggal 30 desember 2022, pemerintah telah resmi mencabut status PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) di seluruh Indonesia hal ini di lakukan berdasarkan dengan data kasus covid-19 yang cenderung terus mengalami penurunan, sehingga dengan pencabutan PPKM tersebut berdampak terhadap pemulihan ekonomi masyarakat serta mobilitas masyarakat diperkirakan akan terus meningkat  terutama pada perayaan libur natal dan tahun baru.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Anggota DPR RI Artheria Dahlan, S.T., S.H., M.H mengapresiasi kinerja Polres Tulungagung dalam mengamankan malam Natal tahun 2022 kemarin dengan aman dan tertib di wilayah hukum Polres Tulungagung sehingga pelaksanaan Natal tahun 2022 berjalan dengan aman, lancar dan tertib. Hal ini tidak lepas dengan kerjasama tiga pilar di kabupaten Tulungagung. Juga diharapkan dalam melayani dan mengayomi masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Tulungagung dengan humanis. Sekali lagi terima kasih kepada semua peserta apel telah mengikuti apel pada sore hari ini.

error: Content is protected !!