AUDIENSI TERKAIT PEMAPARAN OVERVIEW PROJECT TRANS SOUTH-SOUTH JAVA ROAD PROJECT

Selasa, (25/10/2022), Pemerintah Kabupaten Tulungagung menghadiri acara Audiensi terkait Pemaparan Overview Project Trans South-South Java Road Project Paket Lot 6 Ruas Prigi-Bts Kab. Tulungagung-Klatak-Brumbun, mulai pukul 14.00 WIB, yang bertempat di Kantor PT. PP (Persero) Kawasan Pantai Klatak Kecamatan Besuki.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Direktur Pembangunan
Jalan Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Satrio Sugeng Prayitno, MM, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Ir. Achmad Subki, MT, ADM Perhutani KPH Blitar Teguh Jati Waluyo, Jajaran Pejabat Bappenas, Jajaran Pejabat IsDB (Islamic Development Bank), dan beberapa Perangkat Daerah terkait.

Berdasarkan informasi terkait hasil audiensi yang dapat disampaikan, bahwa Pembangunan Jalan Lintas Selatan ini merupakan Proyek Nasional dan merupakan Program Pembangunan Infrastruktur Prioritas. Jalan Lintas Selatan (JLS) Paket Lot 6 Ruas Prigi-Bts Kab. Tulungagung-Klatak-Brumbun merupakan bagian dari Pembangunan Jalan Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang dimulai dari Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi dengan total panjang keseluruhan kurang lebih 684 Kilometer.

Sedangkan pelaksanaan pembangunan Paket Lot 6 Ruas Prigi-Bts Kab. Tulungagung-Klatak-Brumbun di Kabupaten Tulungagung ini rencana sepanjang 18,30 km, dengan biaya pembangunan sebesar Rp. 594 Milyard, yang dijadwalkan akan selesai pada bulan April Tahun 2023.

Menurut informasi, beberapa kendala di lapangan yang akan dilalui, diantaranya :

  1. Musim hujan (curah hujan tinggi), serta musim kemarau yang tidak teratur menjadi tantangan terberat.
  2. Area rawan gempa, dimana lokasi proyek tepat berada di pesisir pantai selatan jawa.
  3. Geologi batuan yang tidak seragam, dan berada di lokasi lempeng patahan.
  4. Area rawan longsor di Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek.

Sementara itu, Bupati Tulungagung dalam penjelasannya menyampaikan bahwa
Pembangunan Pansela/JLS di Kabupaten Tulungagung yang diawali pada Tahun 2015 memberikan dampak yang luar biasa di wilayah Tulungagung selatan khususnya di sektor pariwisata yakni terbukanya Pantai Gemah, dan selanjutnya Pantai Klatak di Kecamatan Besuki sebagai salah satu tujuan obyek wisata yang banyak diminati wisatawan sehingga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung juga berharap dengan memohon Rahmat Allah SWT, Pembangunan Pansela/JLS Paket Lot 6 Ruas Prigi-Bts Kab. Tulungagung-Klatak-Brumbun di Kabupaten Tulungagung ini dapat segera dimulai dan berjalan lancar sesuai yang direncanakan, serta pada kesempatan ini tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pembangunan Pansela/JLS di Wilayah Kabupaten Tulungagung.

Bupati Maryoto, dalam hal ini mendukung sepenuhnya kegiatan pembangunan Pansela/JLS Paket Lot 6 Ruas Prigi-Bts Kab. Tulungagung-Klatak-Brumbun, dan berharap dari berbagai pihak dan stakeholder juga memberikan dukungan, seperti halnya dengan memperlancar proses-proses perijinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

error: Content is protected !!