SOSIALISASI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN MELALUI PROGRAM PERTANIAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Jum’at,(28/10/2010).Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam, Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan melalui Program Pertanian dan Perikanan. Acara dilaksanakan di Ruang Arjuna, Barata Convention Hall, Tulungagung mulai pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan pagi ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji,M.Si, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Dr.Adi Prasetya,MM serta dua orang narasumber dari Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Tulungagung, Dr.Adi Prasetya,MM selaku Ketua Pelaksana kegiatan melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada peserta sosialisasi tentang upaya peningkatan ketahanan pangan melalui kelompok pertanian dan perikanan di Kabupaten Tulungagung. Selanjutnya disampaikan bahwa peserta kegiatan sosialisasi ini sebanyak 60 orang dari unsur pertanian dan perikanan di wilayah Kabupaten Tulungagung yang menjadi binaan dari Dinas teknis terkait.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji,M.Si saat memberikan pengarahan dan membuka secara resmi kegiatan sosialisasi hari ini mengatakan bahwa Pemerintah senantiasa berusaha meningkatkan ketahanan pangan karena pangan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia dan pemenuhannya merupakan hak asasi setiap warga Negara sebagaimana dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan disebutkan dalam tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan Sumberdaya Manusia yang berkualitas.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung menjelaskan bahwa sesuai Undang-Undang nomer 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan bahwa Negara berkewajiban menjamin ketersediaan dan keterjangkauan serta pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang secara merata di seluruh wilayah dengan memanfaatkan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal. Sedangkan Ketahanan Pangan menurut Undang-Undang nomor 18 Tahun 2012 adalah suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya juga terdistribusi secara merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan nilai-nilai budaya lokal,” tambahnya.

Masih menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung yang juga selaku Ketua Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tulungagung, bahwa ketersediaaan pangan yang dapat dijangkau oleh berbagai pihak akan menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah dinamika ekonomi global saat ini. Ketahanan Pangan bukan hanya sebagai prioritas namun harus menjadi target dan fokus pemerintah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Pemerintah saat ini tengah merumuskan dan menimplementasikan strategi menggenjot produksi pangan secara intensif khususnya bahan pangan lokal seperti jagung dan singkong. Salah satu caranya adalah dengan memperluas dan pembukaan lahan baru,” paparnya.

Di akhir sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji,M.Si menyambut baik kegiatan ini dan berharap Kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan pagi ini dapat memberikan informasi yang aktual dan bermanfaat bagi upaya mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Tulungagung ini khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

Seusai memberikan sambutan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji M.Si berkenan membuka secara resmi dan menyatakan dimulainya kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan melalui Program Perikanan dan Pertanian hari ini.

Adapun dua orang Narasumber yang dihadirkan dalam Kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan pagi ini adalah Sigit Yupurwo A selaku Koordinator Penyuluh Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung dan Edi Purwo,SP,MM selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

error: Content is protected !!