GREBEG SURO SEDEKAH BUMI PANTAI GEMAH

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM. dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE. menghadiri Grebeg Suro Sedekah Bumi Pantai Gemah Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lejar Misuwur Desa Keboireng Kecamatan Besuki pada hari Sabtu (30/7/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

Acara yang digelar di pelataran Pantai Gemah ini diawali dengan pertunjukan seni tari Gambyong serta seni bela diri pencak silat dari padepokan Cipto Rukun.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM. menyampaikan bahwa meskipun situasi pandemik Covid-19 di Kabupaten Tulungagung melandai, diharapkan masyarakat tetap mematuhi protocol Kesehatan, utamanya menggunakan masker di tempat tertutup maupun di tempat terbuka yang banyak terdapat kerumunan.

Bupati menyambut baik kegiatan ini yang bertujuan membantu pemerintah dalam memajukan pariwisata guna peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Gemah dan Pantai Bayem, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur yang dimiliki oleh masyarakat pesisir Jawa, sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Tuhan YME atas limpahan hasil laut dan hasil bumi.

Bupati juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban, keamanan serta kebersihan kawasan Pantai Gemah dan sekitarnya, agar kegiatan pariwisata dapat terus berjalan dengan baik.

Kepala Desa Keboireng, Supirin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Bupati Tulungagung beserta jajaran sehingga acara Grebeg Suro di Pantai Gemah dapat terselenggara, semoga dengan adanya kegiatan ini, kekompakan masyarakat dapat terjaga dalam rangka memajukan wisata Pantai Gemah dan sekitarnya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan Kirab Tumpeng Agung yang berbentuk gunungan berisikan berbagai macam hasil bumi, baik sayur mayur maupun buah-buahan, yang diarak keliling Pantai Gemah diiringi oleh gerak seni pencak silat dan reog gendang.

Diakhir acara, masyarakat sekitar dengan antusias mengambil berbagai macam hasil bumi yang berada pada Tumpeng Agung, yang diyakini apabila dapat mengambilnya akan memperoleh keberkahan.

Turut hadir pada acara ini, Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE.; Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si.; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung; Drs. Bambang Ermawan, S.Pd., M.Pd bersama Kepala Perangkat Daerah terkait.

error: Content is protected !!