HAUL AKBAR PONDOK PANGGUNG

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM. dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE. hadir dalam acara Haul Akbar dan Istighosah Kubro Jama’ah Sholawat Nariyah Pondok Panggung Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan pada Kamis (28/7/2022), bertempat di JL. Pangeran Diponegoro depan Pondok Panggung Tulungagung.

Acara ini diawali dengan tilawah Al qur’an yang dibawakan oleh ustadz Habib Mustofa dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Pengasuh Pondok Pesantren Panggung sekaligus Panitia Kegiatan, H.M. Fathurrohman yang menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati, wakil bupati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung.

Disampaikan bahwa Haul Akbar ini dilaksanakan untuk memperingati Almaghfurlah KH. Asrori Ibrohim ke-25, Almaghfurlah Syafi’i Abdurrahman ke-13 dan Almaghfurlah Abdul Aziz ke-14 yang merupakan tokoh pendiri Pondok Panggung sekaligus melaksanakan kembali kegiatan Istighosah dan Sholawat Nariyah yang sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19 serta dalam rangka untuk penggalangan dana pembangunan Masjid Baitul Quds dan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Panggung yang terletak di Desa Bukur Kecamatan Sumbergempol.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM., menyampaikan bahwa meski dinilai telah kondusif, namun Covid-19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata, oleh karena itu, Bupati tetap menghimbau kepada seluruh hadirin, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian kegiatan ini dapat ditunaikan dengan baik serta mengajak berdo’a, semoga Tuhan segera mengangkat wabah Covid-19 dari negeri tercinta ini dan semua selalu diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

Bupati juga menyampaikan selamat datang kepada KH. Harun Ismail, tokoh agama dari Blitar, semoga kehadiran beliau menambah keberkahan bagi Kabupaten Tulungagung.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Bupati menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini dan Bupati sangat berbahagia berada ditengah-tengah Keluarga Besar Pondok Pesantren Panggung Tulungagung serta dapat bersilaturrahmi dengan para Kyai, ibu Nyai, alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat, semoga kehadiran kita dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah yang bermanfaat baik dunia maupun di akhirat.

Bupati berharap, dengan adanya kegiatan Haul ini, dapat dijadikan sebagai momentum dalam mengenang jasa dakwah beliau sebagai bentuk pengabdian dan pelestarian syiar islam di Kabupaten Tulungagung tercinta ini.

Dengan acara ini merupakan momentum sebagai bentuk pengabdian kepada daerah melalui persaudaraan dan Ukhuwah Islamiyah dalam mendorong terciptanya kedamaian, keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Tulungagung serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, khususnya umat Islam di Kabupaten Tulungagung.

Disampaikan pula untuk tetap selalu menjaga Ukhuwah Islamiyah, saling menghormati dan menghargai, serta menjaga rasa toleransi terhadap perbedaan yang ada. Apabila semua bersatu, maka insyaa Allah akan menjadikan umat yang kuat, maju dan tidak mudah terpecah belah.

Bupati berharap semoga dengan kegiatan yang kental dengan syiar’ Islam ini, dapat memberikan teladan bagi kita dan dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk memperbaiki diri, serta memperkuat keimanan dan ketaatan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW.
Lebih lanjut Bupati berharap kepada seluruh warga masyarakat, agar selalu menjaga kerukunan dan persatuan antar semua komponen bangsa dan juga menciptakan rasa damai dan aman dalam kehidupan bermasyarakat. Kita ketahui bersama, bahwa semakin hari, dinamikanya masyarakat semakin tinggi, potensi konflik sosial yang mudah diprovokasi dengan adanya berita hoax dan juga ujaran kebencian yang beredar luas di media sosial yang dengan mudah mempengaruhi kehidupan kita, tetap pupuk tali persaudaraan dengan dilandasi hati nurani yang bersih dan penuh ketakwaan serta keimanan.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan tauziah yang disampaikan oleh KH. Harun Ismail dari Blitar dan ditutup dengan do’a bersama.

Turut hadir pada acara ini, Kepala Kepolisian Resor Tulungagung, AKBP. Eko Hartanto, S.I.K, M.H., Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Letkol. Czi. Nooris Agus Rinanto, S.I.P, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, Dr. Muhajir, S.Pd., M.Ag, Direktur RSUD DR. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto, Sp. B, FINACS, M.Kes., Forkopimcam Kecamatan Tulungagung, Pengurus MUI Kabupaten Tulungagung serta Pengurus PCNU Tulungagung.

error: Content is protected !!