LAUNCHING SI-TRUST (SISTEM INFORMASI TATA RUANG UNTUK SPASIAL TULUNGAGUNG)

Selasa, (11/6/2024), bertempat di hotel Lojikka Tulungagung, mulai pukul 08.00 WIB, pemerintah Kabupaten Tulungagung melaunching Sistem Informasi Tata Ruang untuk Spasial Tulungagung (SI-TRUST)

Acara dilaunching langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT, dihadiri juga oleh Narasumber Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya, BPSDM, Kementerian PUPR, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si, Bapak Drs.Ec. Jonathan Judyanto M.MT, Selaku Coach, Ikatan Ahli Perencana, Perwakilan Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, para tokoh masyarakat, Media, Perguruan Tinggi, serta Stakeholder terkait.

Kepala Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung Dwi Hari Subagyo, S.STP, dalam laporannya menyampaikan, SI-TRUST (Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung) merupakan langkah inovatif Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung di bidang teknologi informasi guna mempercepat pelayanan informasi tata ruang yang dapat diakses dengan 2 cara, yaitu melalui website dan smartphone berbasis android. Apabila masyarakat mengakses melalui website, bisa langsung mengunjungi laman https://siputra.tulungagung.go.id/ dengan cara KLIK Pelayanan kemudian pilih Siputra Tarung dan pilih Pelayanan Informasi Tata Ruang. Apabila masyarakat mengakses melalui smartphone berbasis android, dapat mengunduh Aplikasi SI-TRUST pada playstore.
Menurut Kepala Dinas PUPR, Aplikasi SI-TRUST ini dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses perolehan informasi tata ruang kepada investor. Informasi tata ruang yang dimuat pada Aplikasi SI-TRUST telah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten sehingga proses bisnis informasi tata ruang melalui Aplikasi SI-TRUST ini menjadi daya ungkit peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten dan iklim positif terhadap investasi.

Selanjutnya, Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya menyampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan Launching SI-TRUST (Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung) pada hari ini, diharapkan semua pihak baik Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung, Pelaku Usaha dan masyarakat umum dapat memanfaatkan sistem informasi tata ruang secara luas dalam rangka terciptanya penyelenggaraan penataan ruang yang berkelanjutan.

Lebih lanjut, Pj. Bupati Heru menambahkan, melihat potensi tulungagung dengan adanya JLS (Jalur Lintas Selatan) sepanjang sisi selatan Tulungagung, TOL Ki-Agung (Kediri-Tulungagung) sebagai penghubung dengan Bandara Dhoho Kediri merupakan transportasi udara yang dekat dengan Kab. Tulungagung. Selain itu juga ada Selingkar Wilis yang meghubungkan Kab. Tulungagung dengan 5 kabupaten lainnya. Potensi yang sedemikian rupa dan adanya SI-TRUST, Harapan saya akan mendatangkan investor -investor untuk menyambut potensi tersebut dan diharapkan Kab. Tulungagung semakin maju.

Pj. Bupati Heru Suseno dalam kesempatan ini berharap, bahwa dengan adanya Sistem Informasi Tata Ruang ini, diharapkan dapat mewujudkan pemanfaatan ruang yang berhasil dan berdaya guna serta mampu mendukung pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta mencegah terjadinya penurunan kualitas ruang. Sistem Informasi Tata Ruang ini juga dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha serta masyarakat luas dalam hal aksesibilitas pelayanan informasi tata ruang yang mudah dan cepat.

error: Content is protected !!