PENINJAUAN HEWAN KURBAN DI PASAR WAGE KALIWUNGU NGUNUT

Selasa (11/6/2024), Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1445 Hijriah. Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung Mulyanto, S,Pt, MM dan Forkopimcam Ngunut melaksanakan peninjauan hewan kurban di Pasar Wage Kaliwungu Kecamatan Ngunut. Peninjauan ini untuk memastikan hewan kurban yang dijual sebelum peringatan Hari Raya Idul Adha tahun 2024/1445 Hijriah ini dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi serta untuk melihat ketersediaan hewan kurban tersebut.

Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno mengatakan bahwa peninjauan ini dilaksanakan untuk memantau kesiapan menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 2024/1445 H mulai dari jumlah dan kesehatan hewan kurban. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyiapkan 50 orang petugas kesehatan yang ditugaskan di seluruh pasar hewan se Kabupaten Tulungagung untuk memeriksa dan menyeleksi hewan kurban dari luar Kabupaten Tulungagung baik kelayakan dan kesehatan hewan tersebut.

Disampaikan pula bahwa ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Tulungagung sebanyak 12.000 ekor sapi dan 25.000 ekor kambing, sehingga Kabupaten Tulungagung terjadi surplus. Sejauh ini tidak ditemukan hewan yang terserang virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan semua hewan harus tetap dilakukan vaksinasi.

error: Content is protected !!