LAUNCHING SIM PKK DAN WEBSITE TP PKK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Rabu, (27/13/2024), TP-PKK Kabupaten Tulungagung yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung menggelar Launching SIM PKK dan Website TP PKK Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, mulai pukul 10.00 WIB.

Acara yang di launching oleh Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT bersama Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Diana Puspitasari Heru Suseno yanh ditandai dengan tabuh gong ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si, Kepala Komunikasi dan Informatika Kab. Tulungagung Drs. Samrotul Fuad, Kepala DPMD Tulungagung, Ibu-ibu Ketua Bidang, Staf Ahli dan segenap pengurus TP PKK Kabupaten Tulungagung, serta Ketua TP PKK Kecamatan se Kab. Tulungagung dan Stakeholder terkait.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Diana Puspitasari Heru Suseno, dalam sambutannya menyampaikan diinformasikan bahwa salah satu prioritas program PKK yang menjadi unggulan dalam Rakernas IX PKK adalah “Modernisasi Organisasi PKK dengan memanfaatkan teknologi informasi”. TP PKK Kabupaten Tulungagung sudah memilik aplikasi Pokemon, tetapi khusus untuk data Poka 4, belum mencakup semua data kegiatan Bidum dan semua Pokja.

Masih menurut Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung, sejalan dengan program tersebut, maka TP PKK Kabupaten Tulungagung dalam tahun 2024 merintis dengan aplikasi SIM PKK dan Website PKK yang juga merupakan tindak lanjut dari Launching aplikasi e-PKK Provinsi Jawa Timur. Sebagai tindak lanjut dari hasil Rakkn PKK Provinsi Jawa Timur, maka TP PKK Kabupaten Tulungagung bekerjasama dengan DPMD dan Kominfo serta Owlsoft media selaku pihak ketiga telah merintis penerapan aplikasi tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa tujuan dibuatnya aplikasi SIM PKK ini untuk mengoptimalkan laporan terkait pelaksanaan 10 program PKK secara tepat, akurat dan menyeluruh dari tingkat desa, kecamatan hinga rekapitulasi kabupaten. Dengan memanfaatkan SIM PKK para kader tidak perlu lagi melakukan perekapan laporan secara manual dikarenakan laporan sudah sudah langsung tersimpan dalam database yang nantinya akan menjadi sumber data.

Selanjutnya, Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung mengucapkan selamat dan sukses serta apresiasi setinggi-tingginya kepada TP PKK Kabupaten Tulungagung yang terus berinovasi dengan melaunching SIM PKK dan Website PKK yang akan mempermudah dalam menjalankan amanah dan tugas di bidang PKK.

Pj. Bupati Tulungagung juga menambahkan, aplikasi SIM PKK dan Website PKK merupakan aplikasi yang menghasilkan informasi manajemen yang dibutuhkan oleh TP PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan juga Desa/Kelurahan dalam menyimpan daya, menyebarluaskan data dalam melaksanakan kegiatan PKK dan sebagai bahan acuan untuk pengambilan keputusan, dalam rangka membantu pemerintah menggerakkan pembangunan di tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama dalam kesejahteraan keluarga.

Pj. Bupati berharap, semoga dengan adanya aplikasi ini TP PKK Kabupaten Tulungagung bisa semakin maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam rangka mewujudkan Tulungagung yang semakin baik.

error: Content is protected !!