PELANTIKAN PENGURUS IPSI TULUNGAGUNG MASA BHAKTI 2022-2026

Rabu (22/6/2022) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tulungagung menyelenggarakan acara Pelantikan Pengurus IPSI Tulungagung masa bakti 2022-2026 di Ruang Prajamukti Kantor Bupati Tulungagung mulai pukul 20.00 WIB. Adapun tema pada kegiatan pelantikan ini adalah PENCAK SILAT TULUNGAGUNG BANGKIT MENUJU PRESTASI DUNIA. Pelantikan Pengurus IPSI Tulungagung masa bakti 2022-2026 ini dilantik oleh Ketua IPSI Propinsi Jawa Timur Drs. H. Supratomo, M.Si.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Bupati Tulungagung, Wakil Bupati Tulungagung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Wakapolres Tulungagung, Perwakilan Kodim 0807 Tulungagung, Ketua Umum IPSI Propinsi Jawa Timur beserta jajaran, Perwakilan Perguruan Pencak Silat Se Kabupaten Tulungagung.

Bahwa berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengprov IPSI Jawa Timur Nomor : 002/45/PD.XA/I/2022 Tanggal 27 Januari 2022, Tentang Pengukuhan Pengurus Kabupaten IPSI Tulungagung Masa Bakti 2022 – 2026. Dan dalam Surat Keputusan menetapkan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tulungagung masa bhakti 2022-2026 adalah Drs. Sukaji, M.Si.

Sambutan Ketua IPSI Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si menyampaikan bahwa setelah kurang lebih 2 tahun kita melewati masa pandemi covid-19, maka pada malam ini kita dapat menyelenggarakan kegiatan pelantikan pengurus Pengkab IPSI Kabupaten Tulungagung masa bakti 2022 – 2026, hasil pemilihan formatur yang dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

Selanjutnya daftar formatur yang sudah terbentuk kita ajukan ke Pengprov IPSI Jawa Timur untuk mendapatkan Surat Keputusan Ketua Pengprov IPSI Jawa Timur Nomor : 002/45/PD.XA/I/2022 Tanggal 27 Januari 2022, Tentang Pengukuhan Pengurus Kabupaten IPSI Tulungagung Masa Bakti 2022 – 2026.

Dengan komposisi kepengurusan antara lain, Dewan Pembina yaitu Bapak Bupati Tulungagung, Bapak Kapolres Tulungagung dan Bapak Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Dewan Pertimbangan, Pengurus Harian, Bidang dan Lembaga antara lain Bidang Pembinaan Organisasi, Bidang Pembinaan Prestasi, Bidang Pembinaan Seni Budaya Pencak Silat, Bidang Promosi dan Pemasaran, Lembaga Wasit Juri dan Lembaga Pelatih.

Adapun Visi Pengurus Pengkab IPSI Kabupaten Tulungagung ke depan adalah : Pencak Silat Tulungagung Bangkit Menuju Prestasi Dunia. Kedapan IPSI Tulungagung akan berkonsentrasi pada pengembangan potensi atlit dan SDM yang unggul dalam bidang olahraga pencak silat sehingga dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Tulungagung. Hal tersebut akan diperdalam pada pembahasan misi dan program kerja pada Rapat Kerja Pengkab IPSI Tulungagung.
Dalam kepengurusan yang baru ini, terdapat bidang promosi dan pemasaran, sehingga diharapkan nantinya pencak silat dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk lebih mempromosikan potensi daerah, serta merubah pandangan masyarakat bahwa silat tidak terkesan kekerasan namun juga ada segi seni dan budaya.

Juga dilaporkan bahwa data perkembangan pencak silat di Tulungagung sangat luar biasa, yaitu ada 16 perguruan pencak silat, yang masuk menjadi anggota IPSI Tulungagung, dimana tahun sebelumnya sebanyak 13 perguruan pencak silat, sehingga terjadi peningkatan jumlah anggota pencak silat IPSI Tulungagung. Dan kami harapkan di tahun – tahun berikutnya terjadi peningkatan.

Selanjutnya, disampaikan pula bahwa jumlah pendekar pencak silat di Tulungaung kurang lebih 111 ribu orang. Jika disandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Tulungagung sebanyak 1.095.271 jiwa berarti jika diprosentasikan jumlah pendekar di Tulungagung sebesar 11 persen dari jumlah penduduk Tulungagung.

Dengan adanya potensi ini, kita semua para pihak sebagai aparat berkewajiban mewadahi memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu dalam rangka muwujudkan kelancaran dalam melaksanakan tugas terkait kegiatan pembinaan pencak silat, pengurus IPSI tidak bisa bekerja dan berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dan suport dan kerjasama yang baik dengan pihak terkait. Oleh karena itu yang menjadi harapan kami agar terjalin kerjasama dan sinergitas yang baik, antara lain : kerjasama dengan Pemerintah Daerah, KONI, untuk mengembangkan atlit berprestasi.

Dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, melalui sinergitas dengan POLRI, TNI, Satpol PP, perguruan pencak silat dan Paguyuban Pencak Silat. Kerjasama dengan Perbankan atau perusahaan swasta lainnya melalui CSR, untuk memperoleh dukungan pendanaan maupun hibah barang.

Sambutan ketua IPSI Propinsi Jawa Timur Drs. H. Supratomo, M.Si yang menyampaikan selamat atas terlantiknya Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tulungagung masa bakti 2022-2026 dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Tulungagung dan wakil Bupati Tulungagung serta Forkopimda Tulungagung yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pelantikan ini.

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) adalah organisasi nasional Indonesia yang membawahi kegiatan Pencak silat secara resmi, antara lain menyelenggarakan pertandingan, membakukan peraturan dan lain-lain.

IPSI didasarkan pada 3 tujuan utama sebagai satu kesatuan, yakni:

  1. Mempersatukan dan membina seluruh perguruan Pencak Silat di Indonesia.
  2. Melestarikan, mengembangkan dan memasyarakatkan Pencak Silat beserta nilai nilainya.
  3. Menjadikan Pencak Silat dan nilai-nilainya sebagai sarana pembangunan bangsa dan ahlak.

Sambutan bupati tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang menyampaikan selamat atas terlantiknya pengurus IPSI Kabupaten Tulungagung masa bakti 2022-2026, dengan harapan pengurus IPSI dapat segera bekerja, berkarya dan melakukan yang terbaik bagi perkembangan olahraga pencak silat di kabupaten tulungagung.

“Hal ini kami sampaikan karena masih banyaknya pekerjaan rumah yang harus segera di tindak lanjuti dan dilakukan oleh keluarga besar IPSI beserta seluruh jajaran pengurus yang baru dilantik agar dapat bergerak cepat untuk menyusun program kerja dalam melakukan proses pembinaan sekaligus pembibitan para atlit pencak silat di kabupaten tulungagung secara terarah, terencana dan berkesinambungan”.

Dan juga diharapkan agar kami pengurus IPSI dapat senatiasa meniatkan dan menguatkan tekat dalam diri masing-masing bahwa keberadaan cabang dijajaran pencak silat pengurus kabupaten tulungagung merupakan sebuah ladang pengabdian dan sebuah darma bhakti untuk mendorong kemajuan pencak silat di kabupaten tulungagung.

Program-program yang dibuat penting untuk terus dilakukan dan akan memastikan kesinambungan prestasi baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional.

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan sebagai upaya untuk mempertahankan budaya asli Indonesia.
Seni bela diri pencak silat dapat menjadi salah satu icon daya tarik wisata di kabupaten tulungagung, kami berharap dari sisi seni tradisi, festival seni pencak silat dapat masuk menjadi agenda rutin dan masuk dalam rangkaian acara hari jadi kabupaten tulungagung di tahun-tahun yang akan datang.

error: Content is protected !!