PEMBERANGKATAN FESTIVAL ANAK SHOLEH INDONESIA (FASI) XII JAWA TIMUR

Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberangkatkan kontingen Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Jawa Timur ke Kabupaten Jember, yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Jum’at, (23/6/2024), mulai pukul 09.00 WIB.

Kontingen yang diberangkatkan secara langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Rahadardian P. Bintara, Kepala Kemenag Kabupaten Tulungagung Drs. Moh. Nasim, M.Pd, Ketua Baznas Kabupaten Tulungagung KH. Syamsul Umam, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tulungagung Moh. Makrus Manan, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak Kanak Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( LPPTKA-DPW BKPRMI ) dan segenap pengurus, serta Para Kafilah Kabupaten Tulungagung yang mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia.

Menurut Ketua LPPTKA-DPW BKPRMI, bahwa Festival Anak Sholeh adalah wadah untuk mengaktualisasikan pengetahuan keagamaan pelajar tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Salah satu aspeknya adalah melalui berbagai perlombaan antar pelajar.

Adapun jumlah kafilah yang diberangkatkan sebanyak 140 orang. Sedangkan Lomba-lomba yang diadakan mencakup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), lomba dai cilik, dan mewarnai keislaman.

Dengan berbagai perlombaan ini, berharap pelajar dapat menginternalisasi ilmu-ilmu agama yang telah mereka pelajari. Festival Anak Sholeh 2024 di Jember tidak hanya menciptakan semangat dalam merayakan Hari Santri, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelajar untuk tumbuh sebagai individu yang berakhlak mulia dan cerdas, menjadikan mereka harapan masa depan yang lebih baik.

Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan seperti ini yang sangat mendasar terkait pentingnya memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran sejak usia dini serta menumbuhkan kebangkan kebudayaan sebagai wadah didalam pembentukan insan yang berkarakter islami ditengah era modernisasi dan digitalisasi saat ini.

Dalam kaitan inilah, pembinaan generasi muda melalui pendekatan keagamaan menjadi sesuatu yang sangat tepat dan strategis untuk membangun anak-anak Kabupaten Tulungagung yang religius dan berakhlak mulia, serta memiliki orientasi yang bermarwah maju dan sejahtera.

Pj. Bupati Heru juga menambahkan, kegiatan penyelenggaraan keagamaan seperti halnya festival anak sholeh merupakan salah satu rumus dalam upaya kita mensosialisasikan nilai kesalehan, kebudayaan kepada anak-anak sekaligus membangkitkan semangat kegembiraan dan keceriaan anak, selain sebagai ruang pengembangan kreativitas bakat serta minat yang dimiliki anak.

Terakhir, Pj. Bupati Heru berharap, adanya kegiatan Festival Anak Sholeh ini mampu menumbuh kembangkan bakat, minat dan kecerdasan spiritual, serta menjadikan nilai Al-Quran sebagai cara pandang hidup anak anak dan masyarakat, kususnya Kabupaten Tulungagung yang tercinta ini.

error: Content is protected !!