UPACARA PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE 78 TAHUN 2024

Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 78 yang bertempat di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada Senin, (1/7/2024) mulai pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakapolres Tulungagung Kompol Christian Bagus Yulianto, S.H., S.I.K., M.Si.
Turut hadir Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT beserta istri, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung beserta istri, serta juga diikuti beberapa Perwira Polisi Polres Tulungagung, Perwira TNI Kodim 0807 Tulungagung, 1 Peleton TNI Kodim 0807 Tulungagung, 1 Peleton Polres Tulungagung, 1 Peleton Dinas Perhubungan, 1 Peleton Satpol PP, 1 Peleton Ormas Tulungagung, serta Perangkat Daerah terkait.

Selanjutnya, amanat Kapolda Jawa Timur Irjen Drs. Imam Sugiyanto, M.Si, yang dibacakan oleh Wakapolres Tulungagung Kompol Christian Bagus Yulianto, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan, upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini mengambil tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”, mengandung maksud bahwa diharapkan segenap insan Bhayangkara semakin memperkuat komitmen dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Kapolda Jatim juga menjelaskan, dalam era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, transformasi ekonomi menjadi kunci utama untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan transformasi tersebut. Polri harus mampu memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi iklim investasi, mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan infrastruktur, serta memastikan keadilan dan inklusivitas bagi seluruh lapisan masyarakat.

Tahun 2024 menjadi sejarah perjalanan Bhayangkara ditengah pesta demokrasi Indonesia. Polda Jatim bersama TNI, Penyelenggara Pemilu, dan elemen masyarakat lainnya, berjuang mengawal proses demokrasi dan menjaga kebersamaan, persatuan, serta kesatuan bangsa. Dan syukur alhamdulillah, pemilu 2024 di Jawa Timur berhasil terselenggara dengan aman, tentram, suasana sejuk, serta iklim demokrasi tetap terjaga karena kita memiliki cita-cita yang sama untuk Indonesia maju.

Selain itu, berdasarkan survei indikator atas berbagai pelaksanaan tugas Polri, masyarakat menilai positif citra Polri sebesar 73,1 persen berdasarkan survey Litbang Kompas. Pencapaian ini merupakan bukti nyata bahwa upaya dalam mewujudkan Polri Presisi telah mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Hal ini menjadi motivasi bagi kita ssmua untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang lebih baik lagi. Tentunya kepercayaan dari masyarakat menjadi modal kita dalam menjaga stabilitas Sitkamtibmas di wilayah Jawa Timur agar tetap kondusif. Mengingat sebentar lagi kita juga akan menyelenggarakan tahapan pilkada serentak 2024. Oleh karena itu, Polda Jatim telah melakukan pemetaan melalui indeks potensi kerawanan pilkada sebagai dasar untuk melaksanakan operasi Mantab Praja Semeru 2024 dan melakukan kegiatan cooling system.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Jatim juga menghimbau, bahwa kita juga perlu membangun sinergi yang kuat bersama TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat. Kolaborasi dan kerja sama yang baik akan memperkuat kapasitas kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, serta mewujudkan transformasi ekonomi yang inkkusif dan berkelanjutan guna terwujudnya Indonesia Emas 2045.

error: Content is protected !!