PEMBERIAN SANTUNAN ANAK YATIM/PIATU/YATIM PIATU TAHUN 1443 H/2022 M

Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Tulungagung, Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan pemberian santunan kepada anak yatim/piatu/yatim piatu yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada hari Jum’at (22/04/2022), dimulai pukul 16.00 WIB.

Acara diawali dengan pembacaaan ayat suci Al Qur’an, dilanjut dengan laporan Ketua Umum KKKS Kabupaten Tulungagung, Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini mempunyai maksud dan tujuan:
1 Melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyantuni anak yatim/piatu/yatim piatu
2 Menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan
3 Memuliakan dan membahagiakan anak yatim/piatu/yatim piatu
4 Memberikan perhatian dan kepedulian serta kasih sayang kepada anak-anak yatim/piatu/yatim piatu

Sasaran penerima santunan adalah anak yatim/piatu/yatim piatu sejumlah 1.700 ANAK yang tersebar di desa/kelurahan se-Kabupaten Tulungagung. Diantaranya anak yatim/piatu/yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena covid-19.

pada tahun ini selain santuan kepada anak yatim, KKKS juga melaksanakan anjang sana ke panti werdha.

Masing-masing anak yatim/piatu/yatim piatu menerima santunan berupa uang tunai Rp 200.000,- ; 1 buah tas sekolah dan snack (roti kaleng).

Untuk dhuafa panti werdha, masing-masing lansia menerima santunan berupa uang tunai Rp 200.000,- ; 1 buah selimut dan snack (roti kaleng)

Kegiatan santuan ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan, namun kali ini karena masih dalam situasi pandemi dan PPKM Level 2 maka yang dihadirkan untuk kegiatan hari ini hanya sejumlah 200 anak yatim/piatu/yatim piatu perwakilan dari 19 kecamatan, masing-masing kecamatan sejumlah 10 anak dan dari Al-Hakiem 10 anak.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan material dan non material sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan secara simbolis kepada 20 anak yatim/piatu/yatim piatu oleh Bupati beserta forkopimda, Ketua Umum KKKS dan unsur wakil ketua.

Selanjutnya Bupati Tulungagung dalam sambutannya mengapresiasi kegiatanyang dilaksanakan oleh KKKS ini, semoga dengan pemberian santunan ini dapat memberi sedikit keringanan beban bagi anak yatim/piatu/yatim piatu, semoga acara ini mampu memperkuat ukhuwah islamiyah dan menjadi ladang ibadah dan berkah bagi semua pihak yang memberikan dukungan pada acara ini.

Sebelum acara diakhiri, dilaksanakan tausiyah dan do’a oleh Ustadz Dr. KH. Soim Al Kassi, M.Pd.I

Hadir pada acara ini, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM; Kepala Kepolisian Resor Tulungagung, AKBP. Handono Subiakto, SH., S.I.K., MH; Komandan Komando Distrik Militer 0807 Tulungagung, Letkol. Inf. Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr (Han)., M.I.Pol; Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Teguh Ananto, SH., MH., Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Marsono, S.Sos.; Ketua Umum KKKS Kabupaten Tulungagung, Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo beserta unsur Wakil Ketua dan Pengurus, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si; Kepala Perangkat Daerah terkait dan para Donatur.

error: Content is protected !!