PERINGATAN KE XXVI HARI OTONOMI DAERAH TAHUN 2022

Senin,(25/04/2022), bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengikuti Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara Virtual. Acara Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah ini dilaksanakan secara terpusat oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan diikuti oleh seluruh Pimpinan Tinggi Negara, Pimpinan DPR Pusat maupun Daerah, Para Gubernur, Bupati/Walikota dan Forum Komunikasi Pimpinanan Pusat dan Daerah seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah di Kab.Tulungagung secara Virtual ini, Bupati Tulungagung Drs.MARYOTO BIROWO,MM, Ketua DPRD Kab. Tulungagung Marsono, S.Sos, Sekretaris Daerah Kab.Tulungagung, Drs.Sukaji, M.Si, Kapolres Tulungagung, AKBP. Handono Subiakto, SH, S.I.K,M.H, Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Letkol Inf. Yoki Malinton Kurniafari, SH, M.Tr (Han), Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Teguh Hananto, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Ricky Fardinand, S.H dan beberapa Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Acara peringatan yang diselenggarakan terpusat ini diawali dengan laporan pelaksanaan Kegiatan Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah tahun 2022 oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro sekaligus membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Prof. Muhammad Tito Karnavian. Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri menyampaikan Tema Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah tahun 2022 ini yaitu ” Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045″. Lebih lanjut Mendagri menyampaikan bahwa dalam upaya  mewujudkan cita-cita besar Indonesia Emas 2045 sangat diperlukan adanya sinergi, kolaborasi dan juga harmonisasi pembangunan antara pusat dengan daerah menjadi hal utama yang harus menjadi prioritas. Kemandirian daerah dalam mengelola sumberdaya nya masing-masing juga menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian seiring dengan diamanatkannya Undang-undang nomer 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah beserta perubahannya, sehingga ketergantungan daerah kepada pusat akan jauh berkurang. Peran ASN pada pemerintahan Daerah menjadi hal penting dengan sikap proaktif, harus berani memulai untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru, akan menjadi modal dan kekuatan guna mencapai pemerintahan yang mampu memaksimalkan pelaksanaan otonomi daerahnya. Terlebih  dengan penerapan core values ‘Berakhlak’. Yang tak lain memiliki kepanjangan dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif, para ASN baik di pusat maupun daerah harus tanggap dengan nilai- nilai tersebut minimal dimulai dari lingkungan kerjanya masing- masing.

Di akhir rangkaian acara Puncak Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah tahun 2022 ini juga ditandai dengan launching/peluncuran 2 (dua) layanan Platform Digital oleh Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yaitu Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SILPPD) versi 1.1 dan Platform Layanan Konsultasi  Online yang diberi nama Kovi Otda.