PENILAIAN LAPANG LOMBA DESA DAN LOMBA 10 PROGRAM POKOK PKK DI DESA KENDALBULUR KECAMATAN BOYOLANGU

Kamis (23/6/2022), Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dikunjungi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur, Ny. Arumi Emil Elestianto Dardak, beserta Tim Penilai Lomba Desa dan Lomba 10 Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Dilaporkan bahwa Desa Kendalbulur sebelumnya telah lolos sebagai 6 besar dalam Lomba Desa dan Lomba 10 Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 sehingga pada saat ini dilakukan penilaian lapang oleh Tim Penilai Lomba tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pada gelaran penilaian lomba ini, Ny. Arumi menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Pemerintah Desa Kendalbulur, beliau juga mengapresiasi terkait kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Kendalbulur, semoga Desa Kendalbulur dapat membanggakan Kabupaten Tulungagung pada khususnya dan Provinsi Jawa Timur pada umumnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto Birowo, MM. atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, menyampaikan selamat datang kepada Ny. Arumi dan rombongan Tim Penilaian Lapang Lomba Desa dan Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur yang telah hadir di Kabupaten Tulungagung untuk melaksanakan penilaian lapang di Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu.

Bupati berharap semoga kehadiran Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur dapat membawa berkah bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada umunya dan khususnya bagi Desa Kendalbulur, sehingga ke depan Desa Kendalbulur menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
dan semoga mendapatkan nilai terbaik dalam penilaian lapang yang dilaksanakan saat ini.

Diinformasikan bahwa dalam 2 tahun terakhir, Desa Kendalbulur merupakan tipe Desa Swakarya dengan
mayoritas adalah masyarakat pertanian yang merupakan desa cepat berkembang serta memiliki keunggulan di beberapa aspek yang menjadi program prioritas Pemerintah Desa Kendalbulur, antara lain:

  1. Program Pelayanan Kendalbulur SIAP (Santun, Ikhlas, Amanah, Profesion) merupakan sistem pelayanan yang mengedepankan kepuasan masyarakat dalam pemerintah desa yang tidak dipungut biaya;
  2. Program Desa Digital merupakan program pelayanan berbasis teknologi informasi melalui sosial media desa, aplikasi sistem pelayanan desa, youtube channel sebagai sarana membantu percepatan informasi terhadap perkembangan dan kegiatan pemerintah desa;
  3. Program SADEWA (Santunan Desa untuk Warga)
    merupakan program pelayanan dengan memberikan subsidi kepada masyarakat di bidang pertanian, kesehatan, pendidikan dan pajak bumi dan bangunan;
  4. Program Kampung Kambing, Kampung Patin, Kampung Tembakau dan Kampung Seni Budaya, merupakan program pemberian subsidi kepada kelompok-kelompok masyarakat sebagaimana tersebut, guna pemberdayaan serta menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Selanjutnya wujud kemandirian Desa Kendalbulur dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan di Desa Kendalbulur telah berkembang dibuktikan dengan berbagai prestasi yang telah diraih, antara lain:

  1. Nominasi 16 besar Desa Brillian Tahun 2020 oleh BRI Pusat;
  2. Juara Harapan 1 BUMDES ITS Award Kategori
    Digital Marketing Tahun 2020;
  3. BUMDESA Terbaik Kategori Peningkatan Ekonomi
    dimasa Pandemi Covid-19 oleh PWI Tulungagung;
  4. Nominasi 17 Besar Desa Dampingan Astra Tingkat Nasional 2021 dengan Nama
    Kampung Bersemi Astra;
  5. Juara 1 Lomba BUMDESA Tingkat Provinsi
    Jawa Timur Tahun 2021;
  6. Juara 1 Tax Awaed Kategori BUMDESA terbaik oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung;
  7. Juara 1 Lomba Perkembangan Desa/Kelurahan dan 10 Program Pokok PKK Tingkat
    Kecamatan Boyolangu Tahun 2022;
  8. Juara 1 Lomba Perkembangan Desa/Kelurahan dan 10 Program Pokok PKK Tingkat
    Kabupaten Tulungagung Tahun 2022.

Berkaitan dengan Gerakan
PKK, TP-PKK
Desa Kendalbulur memiliki program inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, antara lain:

  1. Inovasi Pokja I, yaitu Santunan Dhuafa, Pos Curhat, Kadarkum dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM);
  2. Inovasi Pokja II, yaitu pemasaran produk secara online, klinik pos keliling UP2K dan pasar kuliner tradisional di Nakula Park;
  3. Inovasi Pokja III, yaitu Garden Celocia,
    Pengolahan Susu Kambing Etawa dan
    Pengolahan Ikan Patin;
  4. Inovasi Pokja IV, yaitu Pos Paman (Posko Pangan Aman), Posyandu Lansia, Diskon Pagi
    (Diskusi Komunikasi Online Penanganan Gizi), Home Care, KAMI DANSA BALI (Kader Mitra Bidan
    Sahabat Balita dan Ibu), Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) Nangkula Park.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Lomba Desa dan Lomba 10 Program Pokok PKK
merupakan motivasi dan evaluasi terkait
pembangunan sebuah daerah dimulai dari desa, banyak komponen dan variabel dari desa perlu disinergikan. Pemerintah Desa dan masyarakat desa perlu
didorong agar terus kreatif dan inovatif, karena di desalah terletak berbagai
potensi sumber daya untuk pembangunan.
Berkaitan dengan hal tersebut, atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh Perangkat Daerah dan TP-PKK Kabupaten Tulungagung selaku Tim Pembina yang bersinergi dalam melaksanakan pendampingan dan pembinaan di desa dan juga kepada seluruh elemen masyarakat Desa Kendalbulur yang telah bekerja secara sungguh-sungguh untuk menyiapkan diri dalam rangka penilaian lomba.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa SE, dalam paparannya disampaikan bahwa berbagai inovasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kendalbulur dalam rangka membangun desa dan terbukti telah beberapa kali mendapatkan berbagai penghargaan, untuk itu dalam penilaian lapang Lomba Desa dan Lomba TP-PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, Kepala Desa berharap mampu meraih nilai yang terbaik.

Usai acara pembukaan, Ny. Arumi didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung, Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo menuju Nangkula Park meninjau gelaran bazar produk unggulan dari desa se-Kecamatan Boyolangu.

Selanjutnya Tim Penilai Lomba menuju titik lokasi penilaian sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE. beserta Ibu; Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si beserta Ibu; Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Camat se-Kabupaten Tulungagung, Camat Boyolangu, Hedik Iswanto, Amd; segenap Pengurus TP-PKK Kabupaten Tulungagung, TP-PKK Kecamatan Boyolangu serta TP-PKK Desa Kendalbulur.

error: Content is protected !!