PENINJAUAN BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA NGLURUP KECAMATAN SENDANG

Selasa, (21/6/2022) Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM didampingi Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung Robinson P. Nadeak, SH.,MH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung Dwi Hari Subagyo, S.STP, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulungagung Anang Prastistianto, ST., M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro, S.STP, M.Si, Camat Sendang Imam Suwoyo, S.Sos,M.Si, Kepala Desa Nglurup Suji, serta jajaran Forkopimcam Sendang dan Kepala Perangkat Daerah terkait meninjau langsung lokasi bencana tanah longsor di Dusun Pandan Desa Nglurup Kecamatan Sendang mulai pukul 10.30 WIB.

Penyebab utama tanah longsor di Dusun Pandan Desa Nglurup Kecamatan Sendang diakibatkan intensitas hujan yang cukup tinggi, yang terjadi beberapa hari belakangan ini, serta kontur tanah yang gembur ditambah tidak adanya tanaman keras sebagai penahan, membuat tanah rawan longsor.

Lokasi tanah longsor tersebut menimpa di 1 titik, tepatnya di rumah warga yang bernama Bapak Suyono lokasi Dusun Pandan Desa Nglurup Kecamatan Sendang, longsor ini hampir menyebabkan rumah warga roboh, sebab rumah warga berdiri tepat di sisi tebing yang longsor.

Saat Bupati Tulungagung tiba di lokasi, terlihat tumpukan material tanah longsor masih menimbung sebagian tanah warga. Lebih lanjut, Bupati Tulungagung dalam penjelasannya menegaskan, bahwa Sekecil apapun kerusakan harus kita perhatikan, timbunan lumpur dan material tanah longsor itu segera ada penanganan lebih lanjut agar tidak membahayakan rumah warga sekitar.

Bupati Tulungagung memperintahkan Instansi terkait yaitu BPBD, Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tulungagung, yang memiliki tanggung jawab untuk bersinergi serta bekerja sama segera membersihkan material longsor, serta memperbaiki tebing yang longsor, dengan penanganan akan akan dibangun talut penahan. Lalu akan dibuat jalur air, agar air bisa mengalir dan tidak sebabkan longsor.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bahaya bencana alam, agar turut mewaspadai, terlebih akhir-akhir ini curah hujan semakin intens. Kebanyakan di daerah Dusun Pandan Desa Nglurup adalah peternak sapi, sehingga banyak yang ditanami rumput, oleh karena itu tebing seharusnya ditanami dengan pepohonan keras yang mampu menahan tanah.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE menyerahkan bantuan berupa bahan sembako dan selimut untuk warga yang terdampak longsor.

error: Content is protected !!