PERINGATAN HARI TOILET SEDUNIA DAN PELUNCURAN PROGRAM TULUNGAGUNG LAYAK HUNI TAHUN 2022

Selasa, (22/12/2022), bertempat di Hall Hotel Lojikka Tulungagung, mulai pukul 09.00 WIB. Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Peringatan Hari Toilet Sedunia dan Peluncuran Program Tulungagung Layak Huni (Protal) Tahun 2022.

Hadir dalam acara ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah
Kementerian PUPR di Surabaya, yang diwakili Yuli Imawati, ST, MT, PPK Pengembangan PLP Satker Wilayah 2 KemenPUPR, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Tulungagung Anang Prastistianto, ST., M.Si, Pengurus Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulungagung, Pengurus Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Tulungagung, Koordinator Provinsi Jawa Timur dan Koordinator Program KOTAKU Klaster 2 Tulungagung, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Tulungagung Anang Prastistianto, ST., M.Si, selaku Ketua Penyelenggara dalam sambutannya menyampaikan, bahwa maksud terselenggaranya acara Peringatan Hari Toilet Sedunia Tahun 2022 di Tulungagung Kabupaten adalah untuk menyelaraskan seruan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), agar meningkatkan kesadaran setiap orang dan pemerintah daerah akan pentingnya akses sanitasi yang layak dan aman untuk kesehatan lingkungan dan masyarakat. Dengan tujuan untuk mendorong perubahan perilaku dan implementasi kebijakan daerah, demi meningkatkan akses sanitasi layak, aman dan nyaman, demi terwujutnya Tulungagung Layak Huni.

Lebih lanjut, Kadin Anang menambahkan, bahwa terdapat beberapa kegiatan untuk mendukung acara ini, diantaranya :

  1. Gerakan toilet bersih, sehat, aman dan nyaman bersama masyarakat (Getol Bertamasya) di Kabupaten Tulungagung, dengan mensosialisasikan Surat Edaran Bupati Tulungagung Nomor : 605/2163/23.01/2022 tanggal 11 Oktober 2022, kepada seluruh OPD, Instansi vertical, BUMD/BUMN dan Lembaga Layanan Publik lainnya, serta menyebarluaskan himbauan Bapak Bupati Tulungagung secara audio visual tentang Getol Bertamasya ini melalui Media Sosial dan Media massa lainnya;
  2. Menilai Toilet seluruh OPD dan lembaga sekolah yaitu SMP dan SMA/SMK di wilayah perkotaan yang disesuaikan dengan standar Toilet bersih, sehat, aman dan nyaman.
  3. Talkshow dengan tema: “Bersama masyarakat wujudkan toilet bersih, sehat, aman dan nyaman menuju Tulungagung Layak Huni”, yang disiarkan secara Live di Radio Perkasa FM, dengan Narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR, Dewan Pakar Pusat Studi Pemajuan Kebudayaan UNITA dan Ketua Forum Kabupaten Sehat KabupatenTulungagung.
  4. Launching Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) yang merupakan proyek perubahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman melalui Peraturan Bupati Tulungagung Nomor 111 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Penanganan Kawasan Kumuh dengan Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) di Kabupaten Tulungagung.

Selanjutnya, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam penanganan
sanitasi dilaporkan, bahwa target sanitasi dalam RPJMD Kabupaten Tulungagung Tahun 2024 adalah akses sanitasi aman sebesar 15%, akses sanitasi layak sebesar 85% dan 0% sanitasi belum layak.

Lebih lanjut disampaikan, Hari Toilet Sedunia diperingati setiap tanggal 19
November tiap tahunnya, yang merupakan kampanye untuk mengatasi krisis sanitasi global dan untuk mencapai poin 6 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals 2030) yaitu bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan manajeman air bersih yang berkelanjutan serta sanitasi memadai dan merata. Hal ini tersebut pertama kali dibicarakan dalam KTT PBB pada 19 November 2001 sekaligus mendirikan Organisasi Toilet Dunia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara global terhadap krisis sanitasi yang ada.

Pemerintah daerah diharapkan mampu memberikan perhatian lebih pada sanitasi, untuk itu pada kesempatan ini telah diluncurkan 2 program kegiatan yaitu :

  1. Program Gerakan Toilet Bersih, Sehat, Aman dan Nyaman Bersama Masyarakat (GETOL BERTAMASYA) sebagai wujud kepedulian kita semua untuk kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.
  2. Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) sebagai implementasi penanganan kawasan kumuh secara inovatif, integratif, kolaboratif dan berkelanjutan dengan perencanaan berbasis tematik desa di Kabupaten Tulungagung.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pemenang Lomba Toilet Bersih, Sehat, Aman dan Nyaman, yang diserahkan oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM kepada para pemenang. Adapun para pemenang lomba diantaranya :

  1. Kategori Perangkat Daerah, juara 1 diraih oleh Bappeda Kab. Tulungagung, juara 2 diraih oleh Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung, dan juara 3 diraih oleh Sekretariat Daerah Kab. Tulungagung.
  2. Kategori SMAN/SMKN, juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kedungwary, juara 2 diraih oleh SMAN 1 Boyolangu, dan juara 3 diraih oleh SMKN 1 Tulungagung.
  3. Kategori SMPN, juara 1 diraih oleh SMPN 3 Kedungwaru, juara 2 diraih oleh SMPN 3 Tulungagung, dan juara 3 diraih oleh SMPN 2 Ngantru.
  4. Kategori Disabilitas, Juara Terbaik diraih oleh Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung dan Sekretariat Daerah Kab. Tulungagung.

Pada kesempatan yang sama, di akhir rangkaian acara, dilanjutkan dengan Talkshow dalam Rangka Puncak Peringatan Hari Toilet Sedunia Tahun 2022 di Kabupaten Tulungagung” dengan tema “Bersama Masyarakat Wujudkan Toilet Bersih, Sehat, Aman dan Nyaman Menuju Tulungagung Layak Huni”.

error: Content is protected !!