RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2024

Selasa, (6/2/2024), Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka Kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, mulai pukul 10.00 WIB.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT juga dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Ketua KPUD Tulungagung bersama Jajaran Komisioner, Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung bersama jajarannya, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung Drs. Bambang Triono, MM, Kepala Perangkat Daerah terkait, serta diikuti oleh Camat se Kabupaten Tulungagung, jajaran Kapolsek se Tulungagung, jajaran Danranmil se Tulungagung.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tulungagung Drs. Bambang Triono, MM dalam paparannya menjelaskan, rakor tersebut dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dan antisipasi segala potensi permasalahan dan konflik yang mungkin muncul di wilayah Kabupaten Tulungagung dalam mensukseskan Pemilu Serentak.

Kepala Bakesbangpol Tulungagung Bambang juga menambahkan tujuan dilaksanakannya Rakor ini adalah untuk memastikan kerjasama optimal antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan instansi vertikal lainnya guna mencegah dan mendeteksi potensi gangguan keamanan di wilayah Kabupaten Tulungagung dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu Tahun 2024.

Sementara itu, Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya menyampaikan, bahwa segala sesuatu yang menyangkut hari pemungutan suara tanggal 14 Februari mendatang di Tulungagung telah dipersiapkan secara matang. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu tahun 2024 ini bisa mencapai 80 persen lebih.

Oleh karena itu, menurut Pj. Bupati Heru, untuk mencapai tujuan itu, Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah memerintahkan seluruh Camat di Tulungagung untuk segera berkoordinasi dengan seluruh kepala desa (Kades) dan lurah di wilayah masing-masing. Kemudian setiap kades atau lurah, diarahkan untuk menggerakkan warga menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari nanti.

Sementara bagi pemilih yang tergolong lanjut usia (lansia) atau pemilih disabilitas, Pj. Bupati Heru menghimbau setiap kepala desa atau lurah bisa membantu atau mengantarkan warganya itu ke TPS terdekat. Harapannya semua pemilih bisa menyalurkan pilihannya dengan memperkecil alasan masyarakat untuk golput.

Selain itu, terkait Fokus Utama Pj. Bupati Tulungagung dalam mensukseskan pemilu 2024, diantaranya, memastikan distribusi logistik pemilu baik kecukupan dan keamanan proses distribusi, memastikan keamanan kotak suara (pra, hari pelaksanaan dan pasca pemilihan), memastikan keamanan surat suara dan memastikan kesiapan pelaksana, terutama bagian yang memerlukan intervensi pemerintah daerah. Mulai dari distribusi logistik yang harus dipastikan aman, sampai memastikan tidak akan terjadi pemadaman listrik pada hari H (pemungutan suara) sampai perhitungan suara berlangsung, bupati juga akan bersurat kepada kantor PLN Tulungagung.

Ketua KPUD Tulungagung Susanah dalam paparannya menjelaskan, Rakor tersebut untuk menghimpun masukan dari berbagai pihak terkait agar persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Tulungagung semakin matang. Beliau juga mengatakan, diperkirakan mulai hari ini, (6/2) hingga Sabtu, (10/2) KPUD Tulungagung akan mendistribusikan kotak suara ke 19 kecamatan.

Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.I.K., SH dalan paparannya menyampaikan, bahwa pihaknya (Polres Tulungagung) bekerja sama dengan TNI (Kodim 0807 Tulungagung) telah menyiapkan personil untuk mengamankan jalannya Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang dan juga personil pengamanan pada saat distribusi kotak suara. Pihaknya akan mensupport, fokus, dan serius dalam pengamanan Pemilu 2024.

error: Content is protected !!