SANTAPAN ROHANI PERINGATAN NUZULUL QUR’AN

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (28/3/2024), Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar santapan rohani, yang sekaligus memperingati Nuzulul Qur’an Ramadhan 1445 H.

Hadir dalam acara ini, Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT beserta Jajaran Forkopimda Tulungagung, Al Mukarom Para Alim Ulama, Para Kyai dan Bu Nyai, Tokoh Agama, Ketua MUI Tulungagung, Ketua Baznas Tulungagung, Kepala BNNK Tulungagung, Kepala Kemenag Tulungagung, Organisasi Perangkat Daerah, dan puluhan pegawai dilingkup pemerintah, TNI – POLRI serta PKK Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menyampaikan, jika peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya kitab Suci Al Qur’an, namun dapat menjadi moment kebangkitan umat, banyak makna terkandung di dalamnya. Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum Agama, hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup umat Islam.

Selanjutnya melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita amalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Al-Qur’an memberikan petunjuk agar setiap manusia memiliki keimanan yang kuat, teguh dalam beribadah, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna kemaslahatan umat manusia.

Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno menghimbau, agar masyarakat tidak terpengaruh oleh paham-paham keliru yang menggunakan isu-isu kekerasan dengan berselimutkan agama. Keberagaman masyarakat kita baik suku, agama, ras maupun golongan janganlah dipandang sebagai jurang pemisah, tapi mari kita jadikan perbedaan tersebut, sebagai alat perekat untuk membangun persatuan dan kesatuan.

Diakhir sambutannya, Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno berharap pada semuanya untuk peduli terhadap kondisi yang ada di sekitar kita, cinta dan kasih antar sesama umat Islam serta cinta dan kasih dengan sesama warga masyarakat, sebangsa dan se-tanah air. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa, serta terlibat aktif dalam kegiatan mensyiarkan agama Islam di bulan suci Ramadhan ini.

Acara dilanjutkan dengan Mauidloh Hasanah oleh KH. ANANG MUHSIN Pengasuh pondok Al Fatakhiyah Ngranti Boyolangu yang secara garis besar menerangkan, bahwa melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita amalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Al-Qur’an memberikan petunjuk agar setiap manusia memiliki keimanan yang kuat, teguh dalam beibadah, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna kemaslahatan umat manusia.

error: Content is protected !!