RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN TULUNGAGUNG

Kamis, (28/3/2024) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tulungagung akhir Tahun Anggaran (TA) 2023 dan pengumuman perubahan Propemperda tahun 2024 serta pengumuman lainnya.

Dipimpin ketua DPRD Tulungagung, Marsono, rapat paripurna berlangsung di ruang Graha Wicaksana, dan dihadiri Pj Bupati Tulungagung, Wakil ketua dan anggota DPRD, Sekdakab, Asisten, staf ahli, Kepala OPD, Camat dan lainnya.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, menyampaikan, pelaksanaan rapat paripurna hari ini berdasarkan kesepakatan hasil Rapat Badan Musyawarah pada Hari Rabu tanggal 20 Maret 2024. Dalam rapat paripurna tersebut terdapat Penyampaian Perubahan Propemperda Tahun 2024 dan Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan LKPJ Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2023.

Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dalam sambutannya menyampaikan, secara ringkas realisasi pelaksanaan program dan kegiatan selama tahun 2023. Melalui indikator kinerja utama ada 5 poin, antara lain, Indikator pertama yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Indikator ke dua adalah Pertumbuhan Ekonomi. Indikator ke tiga, yaitu, Tingkat Kemiskinan. Kemudian indikator ke empat, adalah Persentase Desa/Kelurahan  yang Mendapatkan Layanan Infrastruktur Dasar dan Lingkungan Berkualitas, yang mencakup akses jalan, air minum, sanitasi, perumahan dan persampahan. Dan Indikator kelima, adalah Indeks Birokrasi Reformasi.

Selain itu, juga disampaikan terkait Visi Pemerintah  Kabupaten Tulungagung Tahun 2018-2023 adalah Terwujudnya Masyarakat Tulungagung yang Sejahtera, Mandiri, Berdaya Saing, dan Berakhlak Mulia.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Tulungagung mengatakan bahwa pada kesempatan ini juga telah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Ranperda yang merupakan inisiatif legislatif dan prakarsa eksekutif.

Diharapkannya, dengan ranperda-ranperda tersebut dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung.

Pj Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Tulungagung serta masyarakat dan berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan kerjasamanya selama ini.

“Kedepan mari kita tingkatkan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan Tulungagung Maju, Sejahtera, Berkarakter, dan Berkelanjutan,” tutupnya.

Diacara rapat paripurna itu, juga diumumkan Perubahan Struktur Keanggotaan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dan Pengumuman Keanggotaan Pansus DPRD Masa Sidang II Tahun Sidang V (Periode Januari – April 2024).

error: Content is protected !!