TINJAUAN GERAKAN PANGAN MURAH DALAM RANGKA STABILISASI PASOKAN DAN HARGA PANGAN DI DESA NGUJANG

Selasa, (26/3/2024), Pemerintah Kabupaten Tulungagung meninjau Gerakan Pangan Murah yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional Kabupaten Tulungagung dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, bertempat di Balai Desa Ngujang Kecamatan Kedungwaru, mulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT yang didampingi oleh, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agus Suswantoro, Perwakilan Badan Pangan Nasional Kabupaten Tulungagung, Perwakilan Perum Bulog Tulungagung, dan Forkopimcam Kedungwaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Agus Suswantoro, dalam keterangannya menjelaskan, dikarenakan kondisi faktual belakangan ini memperlihatkan bahwa kendala dalam mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga pangan masih disebabkan oleh hambatan-hambatan distribusi pangan yang tidak efisien, ketidakcukupan pasokan pangan di suatu wilayah, waktu panen bervariasi, serta prasarana dan sarana yang kurang mendukung dalam proses distribusi pangan, dimana kondisi tersebut seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan, yang berakibat ketidakpastian harga pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen, sehingga dalam ekskalasi luas akan mempengaruhi dalam pengendalian inflasi pangan.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini, yakni penyelenggaraan roadshow gerakan pangan murah Kabupaten Tulungagung Tahun 2024 dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen, meningkatkan keterjangkauan, daya beli pangan pokok dan strategia bagi masyarakat.

Selanjutnya, Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT dalam keterangan pada awak media menyampaikan, bahwa pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat. Berbagai upaya dan langkah strategia terus dilakukan agar dampak dari kondisi cuaca fenomena elnino yang fluktuatif tidak memberikan ancaman yang serius terhadap kondisi ketahanan pangan.

Selain menjaga stok pangan baik ketersediaan maupun kualitas pangannya, upaya lain yang dilakukan yaitu melalui Gerakan Pangan Murah yang merupakan salah satu upaya Kabupaten Tulungagung dalam mengantisipasi kondisi tersebut sekaligus pengendalian inflasi pangan dan sebagai bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Pj. Bupati Tulungagung juga berharap kepada Kepala OPD terkait, Camat dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa secara bersama-sama melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususmya di Kabupaten Tulungagung baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan distribusi, dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global dibutuhkan sinergitas bersama untuk stabilisasi pasikan dan harga pangan, guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan yang kuat dan berdaulat.

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT bersama rombongan berkesempatan meninjau lokasi stand bazar umkm gerakan pangan murah di balai desa Ngujang.

error: Content is protected !!