VIDCON LAUNCHING TAHAPAN PENYELENGGARAAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2024

Selasa, (14/6/2022) Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulungagung mengikuti video conference tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 secara serentak seluruh Indonesia, di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung mulai pukul 19.30 WIB, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum RI.

Hadir dalam acara ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Wakil Ketua I DPRD Tulungagung Adib Makarim, MH, Wakil Ketua III Achmad Baharudin, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung Susanah, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung Hendri Afrianto, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tulungagung Fayakun, SH, M.Hum, MM, serta Jajaran Komisioner dan Pejabat Lingkup Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung, dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Hasyim Asy’ari resmi membuka peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024, yang ditandai dengan menekan sirine. Menurut Ketua KPU RI, pada malam hari ini, tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Dan menurut mandat Konstitusi, serta mandat Undang-Undang, pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan pemilu tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tulungagung Susanah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dengan telah di launchingnya tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 ini, meminta dukungan kepada semua pihak yang terlibat agar tahapan hingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar. Setelah tahapan awal Pemilu 2024 resmi dibuka, nantinya KPUD merancang perencanaan program dan anggaran, serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.

Lebih lanjut disampaikan, tahun 2024 akan menjadi tahun politik yang sangat ramai. Tidak hanya pemilu, pemilihan kepala daerah serentak juga akan dilakukan di tahun yang sama. Masyarakat akan dua kali melakukan pemungutan suara. Pada 14 Februari 2024, pemungutan suara dijadwalkan untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI. Jika pilpres berlanjut 2 putaran pemungutan suara berikutnya dijadwalkan pada 26 Juni 2024.

Selanjutnya, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa harus disadari hal terpenting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu adalah kesiapsiagaan aparat seluruh stakeholder penyelenggara pemilu, yang salah satu upaya adalah seperti kegiatan peluncuran tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 oleh KPU RI ini. Kegiatan ini dikandung maksud untuk mempersiapkan para pihak yang terkait dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024, agar pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, lancar, aman, tertib, serta sukses penyelenggaraan dan hasil.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung menambahkan, pemilu kedepan bukan mudah, melainkan semakin komplek seiring dengan meningkatnya pengetahuan, perhatian dan partisipasi masyarakat terhadap pemilu. Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan tahapan-tahapan pemilu sebaik mungkin sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang ada dan sering mengadakan koordinasi dengan semua pihak yang terkait demi kelancaram dan kesuksesan pemilu serentak tahun 2024.

error: Content is protected !!