DOA BERSAMA DALAM RANGKA AKHIR TAHUN ISLAM 1443 HIJRIAH DAN AWAL TAHUN 1444 HIJRIAH

Jum’at (29/07/2022), Menjelang berakhirnya Tahun Islam 1443 Hijriah dan menyambut awal Tahun baru 1 Muharam 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan acara do’a bersama bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dimulai pukul 17.00 WIB.
Acara do’a bersama ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs.Maryoto Birowo,MM dan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo,SE. Tampak hadir pula Kapolres Tulungagung AKBP.Eko Hartanto,SIK,M.H dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs.Sukaji,M.Si, para Alim Ulama, Kyai , tokoh organisasi keagamaan dari MUI, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, LDII, Al-Irsyad, Baznas, IPHI,FKUB, tokoh masyarakat serta dari pimpinan Oganisasi Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Rangkaian acara doa bersama diawali pembacaan Doa Akhir Tahun 1443 Hijriah oleh seluruh jemaah yang hadir dipandu oleh KH. Abdul Hakim Mustofa, dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah dengan Imam KH. Abdussalam Al Hafidz. Selesai sholat Magrib berjamaah acara dilanjutkan dengan membaa Do’a Awal Tahun 1444 Hijriah yang dipandu oleh Ir. H. Syaibah Al Mahzumi. Acara do’a bersama dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin yang dipimpin oleh KH. Abdussalam Al Hafidz.

Dalam sambutannya Bupati Tulungagung Drs.Maryoto Birowo,MM kembali mengingatkan bahwa meskipun saat ini dinilai kondusif namun covid19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata, meskipun kita kurang menyadarinya. Beliau tetap menghimbau kepada hadirin yang hadir untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya Bupati Tulungagung mengajak semua untuk memahami dan memaknai hijrah sebagai teladan bagi kita, dalam membangun kehidupan bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Peringatan tahun baru 1444 hijriah pada malam ini,memiliki arti dan makna yang sangat penting, tidak saja bagi kehidupan umat Islam semata, melainkan juga bagi rakyat dan bangsa Indonesia secara umum.

Lebih jauh Bupati Tulungagung Drs.Maryoto Birowo,MM menegaskan bahwa pergantian tahun baru hijriah merupakan momentum bersama, untuk mengintrospeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik, lebih bermakna, dan lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, dibandingkan tahun sebelumnya. Beliau juga mengingatkan akan sejarah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, telah membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap peradaban umat manusia, perubahan dari zaman jahiliyah menuju peradaban madaniah di bawah naungan cahaya Illahi, dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban, ke arah kehidupan yang penuh rahmat, ampunan dan kasih sayang Allah SWT. Teladan Nabi Muhammad SAW ini, memberikan inspirasi penting untuk kita semua, dalam membangun sebuah peradaban baru di masa yang akan datang, membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik.

Di akhir sambutannya Bupati Tulungagung mengajak semuanya untuk bersama-sama membangun kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik. Tahun baru 1444 hijriah, hendaknya kita jadikan momentum untuk kembali kepada kebenaran Illahi, bertekad untuk bangkit, tumbuh kembali membangun diri, masyarakat, bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Beliau juga berharap semoga kedatangan tahun baru Islam 1444 hijriyah, kita dapat menemukan solusi untuk memecahkan berbagai persoalan sosial dan persoalan bangsa, untuk itu marilah kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, bersama-sama memelihara kearifan dan meningkatkan kesungguhan kita membangun bangsa dan negara, khususnya membangun masyarakat Kabupaten Tulungagung, sehingga akan tercipta suatu kehidupan yang adil dan makmur, yang Baldatun Thoyyibatun Wa robbun Ghofur, dibawah naungan dan ampunan Allah SWT.

Selesai memberikan sambutan acara doa bersama diakhiri dengan acara ramah tamah, berdialog dan foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung dengan tamu undangan yang hadir.

error: Content is protected !!