SOSIALISASI BULAN DANA PALANG MERAH INDONESIA TAHUN 2022

Jum’at, (29/7/2022) bertempat di ruang rapat Prajamukti, mulai pukul 08.00 WIB. Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Sosialisasi Bulan Dana Palang Merah Indonesia Tahun 2022.

Acara yang dibuka oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung Dr. H. Muhajir, S.Pd, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Tulungagung – Trenggalek Sindu Widya Badra, SE, MA, Jajaran Pengurus PMI Kabupaten Tulungagung, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung selaku Ketua PMI Kabupaten Tulungagung dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakan pelaksanaan Bulan Dana PMI setiap tahun adalah untuk menggugah dan membangkitkan semangat akan kesadaran pentingnya kepedulian kita terhadap masalah kemanusiaan yang didasari hati yang tulus ikhlas serta penuh semangat persaudaraan serta kekeluargaan.

Dalam hal ini Bulan dana PMI untuk memberikan kesempatan kepada
masyarakat untuk menyumbang secara ikhlas atau sukarela dalam rangka membantu meringankan penderitaan sesama manusia, apapun sebabnya tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, golongan maupun pandangan politik. Selain itu juga sebagai pembelajaran masyarakat khususnya anak anak sekolah agar memiliki jiwa kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial.

Lebih lanjut, Ketua PMI Tulungagung menambahkan, bahwa ada beberapa point yang perlu disampaikan, yakni :

  1. Waktu pelaksanaan kegiatan Bulan Dana PMI Tahun 2022 selama 5 bulan terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2022.
  2. Sasaran pelaksanaan Bulan Dana PMI adalah ASN, TNI, Polri, Pengusaha, Perbankan Siswa SD sampai SLTA, dan semua elemen masyarakat di Kabupaten Tulungagung.
  3. Hasil yang diharapkan, dapatnya terkumpul dana untuk dipergunakan kegiatan kemanusiaan.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gerakan Bulan Dana PMI merupakan satu cara untuk mendukung jalannya roda tugas kemanusiaan PMI, selain itu juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengekspresikan kepekaan dan kepedulian sosial dalam rangka membantu sesama melalui penyaluran dana yang ditujukan bagi kegiatan kemanusiaan, tanpa membedakan jenis kelamin, agama, bangsa, bahasa, warna kulit, golongan dan pandangan politik.

Bupati Tulungagung juga menambahkan, dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Tulungagung, beliau optimis PMI Kabupaten Tulungagung melalui Bulan Dana Tahun ini, dapat mengumpulkan dana sesuai target. Suksesnya pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun ini ada 4 hal, yakni : (1) Sosialisasi, (2) Susun dan Tata Mekanisme, (3) Tata Kelola, (4) Berperan aktifnya Koordinator dan Petugas Pelaksana, melalui pendekatan persuasif, dalam rangka menumbuhkan rasa dan tanggung jawab sosial kemanusiaab untuk membantu sesama secara sadar dan ikhlas.

error: Content is protected !!