KICK OFF PELAKSANAAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL TAHUN 2022

Rabu, (3/8/2022), Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Kick Off Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022, yang bertempat di Kantor Desa Bangoan, mulai pukul 09.00 WIB.

Pelaksanaan BIAN Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM ini, juga dihadiri Ketua TP PKK Kab. Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Wakil Ketua I TP PKK Kab. Tulungagung Ny. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung dr. Kasil Rokhmad, MM.RS, Camat Kedungwaru Hari Prastijo, Kepala Desa Bangoan Budi Setiawan, Jajaran TP PKK Kecamatan Kedungwaru, Perangkat Daerah terkait, serta Forkopimcam Kecamatan Kedungwaru dan para peserta imunisasi.

Di sela rangkaian acara, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Wakil Ketua I TP PKK Kab. Tulungagung Ny. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo, serta Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada perwakilan warga yang kurang mampu.

Sementara itu, Bupati Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa imunisasi telah dipercaya sebagai langkah yang paling cost effective dalam pencegahan beberapa penyakit. Melalui imunisasi dasar dan lanjutan maka penyakit-penyakit seperti Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis atau batuk rejan, Hepatitis B, Campak, dan Rubela dapat dicegah.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 beberapa tahun ini mengakibatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di masyarakat kita menjadi terhambat, diantaranya adalah posyandu. Hal ini berdampak pada penurunan cakupan imunisasi, baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan bagi anak-anak kita. Bila keadaan ini terus berlanjut, maka dapat menyebabkan terjadinya kejadian luar biasa dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Sehingga perlu dilakukan upaya menurunkan kesenjangan cakupan imunisasi tersebut melalui kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada bulan Agustus ini.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung menambahkan, bahwa BIAN terdiri dari 2 rangkaian kegiatan pemberian vaksinasi, yaitu pemberian satu dosis tambahan imunisasi campak rubella bagi anak-anak usia 9 – 59 bulan dan imunisasi kejar guna melengkapi dosis yang kurang pada imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan seperti OPV, IPV dan DPT-HB-Hib bagi anak usia 12 – 59 bulan. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh anak-anak kita mendapatkan imunisasi yang lengkap sehingga dapat terbentuk herd immunity di masyarakat yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya kejadian luar biasa penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi di Kabupaten Tulungagung.

Pada kesempatan ini, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo melepaskan balon ke udara, hal ini sebagai penanda kick off (dimulainya) Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara serentak di Kabupaten Tulungagung Tahun 2022.

Di akhir rangkaian acara, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo memberikan imunisasi vaksin secara simbolis kepada perwakilan anak yang terdaftar sebagai peserta imunisasi

error: Content is protected !!