PEMBINAAN GURU PENDAMPING UKS/M TAHUN 2022 SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

Selasa,(22/11/2022). Bertempat di Aula Pertemuan Kantor PCNU, Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Pembinaan Guru Pendamping Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) mulai pukul 08.30 WIB.

Kegiatan Pembinaan Guru Pendamping Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji,M.Si dan diikuti sebanyak 250 (Dua ratus lima puluh) orang yang berasal dari Tim Pembina UKS/M Kabupaten Tulungagung, Tim Pembina UKS/M Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung, Guru Pendamping UKS/M dari SD/MI, SMP/MTs, SMU/SMK/MA se-Kabupaten Tulungagung serta peserta pembinaan dari stakeholder terkait.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs.Sukaji,MSi saat membuka acara pagi ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta dan guru pendamping UKS/M yang telah hadir dalam kegiatan pembinaan UKS/M hari ini.

Selanjutnya Sukaji mengatakan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah dan lingkungan sekolah serta seluruh warga sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai SD/MI sampai SMA/SMK/MA. “UKS/M yang diselenggarakan saat ini dirasakan masih kurang Optimal,”ucapnya.
“Jadi ada UKS/M yang berjalan dengan baik, tetapi banyak juga sekolah yang tidak melaksanakannya atau menjalakannya tapi hanya sekedar formalitas saja, dan banyak sekolah yang salah dalam memahami urgensi UKS/M dan kebberadaanya hanya digunakan sebagai syarat untuk berdirinya sebuah lembaga pendidikan saja, ”tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Sukaji bahwa saat ini banyak siswa sekolah yang kurang tahu terkait pola hidup sehat. Untuk itu Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu UKS memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat,”jelasnya.

Di akhir sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung berharap kepada seluruh peserta dan guru pendamping UKS/M yang mengikuti kegiatan pembinaan ini dapat lebih meningkatkan partisipasinya dan bersinergi dengan stake holder terkait sesuai dengan tugas dan pengabdiannya untuk menjadi pelopor dalam mengembangkan pola hidup bersih dan sehat di sekolahnya masing-masing.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan Pembinaan Guru Pendamping UKS/M se-Kabupaten Tulungagung pada hari ini adalah Jujuk Cahyono,S.Kep,NERS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung yang memberikan materi tentang “Petunjuk Teknis Tim Pelaksana UKS/M” dan Sri Wahyuni,S.K.M, M.Si dari Bappeda Kabupaten Tulungagung yang memberikan pemaparan materi tentang “Strategi dan Dasar Hukum Pelaksanaan UKS/M”.

error: Content is protected !!