SOSIALISASI PENGUATAN MATERI PARENTING DALAM RANGKA PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING DI SATUAN PAUD

Selasa (22/11/2022), Pemerintah Kabupaten Tulungagung, melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispensikpora) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Sosialisasi Penguatan Materi Parenting dalam rangka Percepatan Oencegahan Stunting di Satuan PAUD Tingkat Kabupaten Tulungagung Tahun 2022.

Acara yang digelar di Ruang Yudhistira Barata Hall Tulungagung, dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Tulungagung, Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, mulai pukul 09.00 WIB.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang stunting beserta upaya pencegahan dan penanganannya serta meningkatkan kerjasama lintas sektor terkait pencegahan dan penanganan stunting yang diikuti oleh 135 orang peserta yang terdiri dari unsur Pengawas TK, Penilik Guru PAUD se-Kabupaten Tulungagung, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas KB, PP dan PA serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung, jelas Kepala Dispendikpora, Rahadi P. Bintara, SE., M.Si dalam laporannya selaku Panitia.

Dalam sambutannya Bunda PAUD, Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pencegahan, penanganan serta penurunan kasusu stunting melalui lintas sektor dan lintas program, mulai dari tingkat desa, termasuk lembaga masyarakat. Berbagai lembaga tersebut saling berkoordinasi dan bersinergi dengan melakukan berbagai kegiatan, baik yang bersifat edukasi maupun aksi nyata, misalnya dengan terjun langsung kepada keluarga yang memiliki balita yang terindikasi stunting.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari Jajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), juga tidak mau ketinggalan ikut serta berkiprah menangani problem stunting melalui Satuan PAUD dengan sasaran anak didik pada Lembaga Pendidikan PAUD.

Selanjutnya, Ny. Siyuk mengajak Bapak/Ibu peserta untuk berpartisipasi dan mendukung program ini, sesuai dengan tupoksi/peran masing-masing. Ny. Siyuk berharap melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan kemampuan jajaran pendidik PAUD dalam menangani gejala stunting sejak dini, dan menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan apabila ada anak didik yang terindikasi stunting dapat tertangani dengan cepat dan tepat.

Pada kesempatan ini para pendidik dari PAUD Ulul Albab, Maron Kecamatan Boyolangu menampilkan unjuk bakat bernyanyi dan bermain angklung sebagai tampilan setelah pembukaan acara.

Turut hadir pada kegiatan ini, Unsur Ketua Bidang dan Staf Ahli TP-PKK Kabupaten Tulungagung, serta jajaran Eselon III Dispendikpora Kabupaten Tulungagung.

error: Content is protected !!